Pariwara

Followers

Cara Mudah untuk Lebih Cepat Berkembang dalam Seni Beladiri

Posted by Yonatan Adi on 1:07 PM

Ingin mengembangkan kemampuan beladiri Anda?

Pastinya dong.

Tetapi pernahkah Anda merasa hanya jalan di tempat dan tidak mengalami perkembangan yang cukup berarti?

Saya pernah merasakannya, terutama setelah saya mencapai tingkatan yang cukup tinggi.

Dulu, saat saya lulus ujian kenaikan tingkat untuk menjadi seorang kyu 3 (sabuk hijau), saya merasakan perkembangan yang cukup signifikan baik dari segi teknik, fisik, maupun mental (juga kegantengan kalau boleh menambahkan ;p) kalau dibandingkan dengan saat saya masih minarai (pemula). Tetapi, saat naik tingkat dari shodan ke nidan, saya tidak merasakan perubahan yang cukup besar dalam diri saya.

Anda pastinya juga pernah merasakan apa yang saya rasakan bukan?

Dan ternyata saya dan Anda tidak sendirian, karena berdasarkan hasil penelitian, semakin lama kita berlatih, tingkat kecepatan perkembangan kita justru akan semakin menurun.

... kecuali kita mau melakukan sesuatu...

Karena itu, hari ini saya akan sedikit membagikan 5 cara untuk bisa mengembangkan kemampuan beladiri kita dengan lebih cepat dan mudah.
Photo credit: Rizkyharis

Saya sudah berhasil menerapkan hal ini pada diri saya sendiri dan juga pada adik-adik murid saya.

Langsung saja disimak:

#1: Latihan privat

Inilah cara terbaik untuk bisa terus berkembang.

Kita mungkin bisa mendapatkan banyak hal dari latihan reguler, tetapi kita tidak mungkin mendapatkan perhatian serta berinteraksi secara dalam dan personal dengan sensei/ pelatih kita.

Dengan latihan privat, kita akan mendapatkan masukan dan koreksi yang spesifik dan bersifat personal. Ini penting terutama untuk kita yang sudah cukup tinggi tingkatannya dan harus mempelajari waza yang rumit dan sangat teknikal.

Bayangkan kita mendapatkan masukan yang sifatnya personal dan spesifik untuk diri kita selama 1 - 2 jam.

Itulah yang kita dapatkan dari latihan privat!

Sebagai seorang pelatih dojo dan seringkali mendapat permintaan untuk melatih secara privat, saya berani mengklaim bahwa mereka yang berlatih secara privat mengalami perkembangan 5 hingga 10 kali lebih cepat daripada mereka yang berlatih secara reguler saja.

Sayangnya, latihan privat ini tentu saja membutuhkan biaya tambahan, paling tidak untuk transport dan logistik pelatih. Kalau saya sih cukup air putih saja... tapi rasa rendang hehehe.

Masalah lain adalah waktu, karena (tentu saja) harus dilakukan di luar jadwal latihan reguler, kita harus menyesuaikan dengan jadwal dan kesibukan dari si pelatih.

#2: Seminar, study session, eksibisi, dsb

Mengikuti seminar, eksibisi, ataupun study session adalah cara terbaik untuk memperluas pengetahuan dan skill beladiri kita.

Seminar biasanya mencakup topik yang sangat luas dan dengan durasi waktu yang cukup panjang [biasanya seharian saat akhir minggu (Jumat - Minggu)] sehingga akan ada banyak sekali ilmu baru yang bisa kita dapatkan.

Seminar (dan latihan) yang intensif dan terfokus seperti ini sangat bagus untuk memaksa Anda keluar dari zona nyaman, dan hampir bisa dijamin Anda akan mengalami perkembangan.

Selain itu, dengan mengikuti seminar semacam ini, kita akan bertemu dengan banyak orang baru dari berbagai macam latar belakang yang tentu saja bagus untuk memperluas jaringan dan link sosial kita.

Dan kalau boleh memberi saran, jangan hanya mengikuti seminar/ eksibisi/ study session dari seni beladiri yang sedang Anda dalami saja.

Masalah terbesar untuk mengikuti seminar adalah waktu dan biaya. Mendaftar untuk mengikuti seminar biasanya cukup mahal, selain itu kita juga harus mencari waktu untuk meninggalkan keluarga/ kerja/ sekolah selama 2-3 hari.

#3: Melatih

Mungkin poin nomor 3 ini mengejutkan Anda, tapi trust me, it's work :p

Mengajar sama dengan belajar dikali dua => melatih sama dengan berlatih dikali dua.

Alasannya sederhana saja, saat kita mengajarkan sesuatu kepada orang lain, kita akan dipaksa untuk memikirkan kembali pemahaman kita akan hal tersebut. Kalau kata Albert Einstein: "Kalau Anda tidak bisa menjelaskan sesuatu pada anak berusia 5 tahun, berarti Anda belum benar-benar memahami hal tersebut".

Karena itulah melatih sangatlah bagus untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan beladiri kita.

(percayalah, saya sudah melatih dojo selama 10 tahun)

Bagian yang sulit adalah kita harus merasa pede dan nyaman dengan kemampuan beladiri kita, interaksi sosial kita harus bagus (kita harus berinteraksi tidak hanya dengan murid kita saja tetapi juga dengan orangtuanya), dan kita juga harus sedikit banyak paham teori pedagogi (belajar dan mengajar).

Selain itu, kalau kita tidak memiliki jiwa kepemimpinan, mungkin melatih akan terasa (sedikit) berat.

#4: Buku

Kata orang sebuah buku yang bagus bisa mengubah hidup kita.

Jadi bayangkan apa yang bisa dilakukan oleh buku (yang bagus) tentang seni beladiri pada kemajuan seni beladiri kita.

Masalahnya, mencari buku yang bagus itu tidak gampang. Dari 10 buku, mungkin 9 diantaranya jelek. Dan tanpa kita sadari, rumah kita akan dipenuhi ratusan buku, tetapi hanya beberapa saja yang layak untuk dibaca (dan disimpan). Dan Anda tahu, ratusan buku itu tidak murah lho.

Untungnya, kita bisa mendapatkan buku dengan harga yang cukup murah di pasar loak (atau di pameran buku).

Tetapi, Anda perlu tahu kalau belajar teknik-teknik beladiri dari buku (saja) itu tidak gampang.

#5: Goblog

Poin nomor 5 inilah yang menjadi favorit saya :D

Goblog adalah blog tentang seni beladiri yang saya tulis dengan membanting jari dan memeras otak. Anda bisa mendapatkan tips dan trik serta berbagai informasi tentang seni beladiri yang tentu saja akan membuat kemampuan beladiri Anda terus berkembang...

(... atau tidak ;p)

__________

Itulah dia, 5 cara untuk lebih cepat berkembang dalam seni beladiri.

Banyak orang menghabiskan waktu, uang, dan tenaga hanya untuk mencari cara demi lebih cepat berkembang dalam seni beladiri. Jangan ikut-ikutan mereka. 5 cara ini sudah terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan beladiri Anda, jadi buat apa mencari cara-cara lain?

Segera terapkan pada diri Anda dan juga pada murid-murid Anda, dan lihatlah hasilnya.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 1:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape
Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB