Pariwara

Followers

Chrollo "Hunter x Hunter" Lucilfer, Sosok Pemimpin Ideal?

Posted by Yonatan Adi on 8:56 AM

Chrollo Lucilfer adalah salah satu tokoh antagonis favorit saya {selain Sephiroth tentu saja, tapi itu kalau Anda mau tahu (dan kalau Anda tahu siapa itu Sephiroth ;D)}.

Bagi Anda yang belum tahu, Chrollo--yang muncul dalam manga/ anime Hunter x Hunter--adalah pendiri sekaligus pemimpin dari Gen'ei Ryodan atau Phantom Troupe, sebuah kelompok pencuri (lebih tepatnya sih perampok) berlambang laba-laba yang dilabeli oleh asosiasi hunter sebagai kelompok penjahat kelas A.

Chrollo Lucilfer
Chrollo, yang digambarkan sebagai seorang pemuda cool dan sangat karismatik ini, adalah musuh bebuyutan dari Kurapika--salah satu tokoh protagonis selain Gon, Killua, dan Leorio--karena Chrollo, bersama dengan kelompok Ryodan-nya, telah membantai seluruh anggota klan Kurapika yaitu klan Kurta 'hanya' untuk mengambil bola mata mereka yang berwarna merah skarlet.

Di postingan ini saya nggak akan menjelaskan panjang lebar tentang siapa itu Chrollo Lucilfer, tetapi saya hanya akan membahas salah satu quote dari Chrollo yang menurut saya--meminjam kata-kata dari pak Mario Teguh--super sekali.
"Dalam Ryodan aku akan menjadi otaknya sementara kalian tubuhnya. Peraturan utamanya adalah tubuh mengikuti perintah dari otak, tetapi itu tak terikat dengan hidup dan mati. Sebagai contoh, kalau aku mati seseorang bisa dengan mudah menggantikanku. Tergantung kondisinya, kaki laba-laba kadang lebih penting daripada kepalanya. Tapi jangan salah paham, perintahku adalah prioritas utama, tetapi melindungi diriku bukanlah prioritas. Aku juga bagian dari Ryodan, apa yang penting bukanlah aku hidup tetapi laba-laba hidup, jangan lupakan itu."
Dari kata-katanya ini terlihat bahwa Chrollo adalah seorang suami idaman... eh itu kan say... ehem... lupakan saja pemimpin yang benar-benar memiliki jiwa kepemimpinan dari seorang pemimpin (ya iyalah).

Ada tiga hal dalam quote ini yang menurut saya sangat menarik.

#1. Chrollo tidak takut kalau dirinya harus digantikan oleh orang lain
Hal ini terlihat dari perkataannya dalam quote diatas: "kalau aku mati seseorang bisa dengan mudah menggantikanku". Salah satu ciri dari seorang pemimpin yang baik adalah menyiapkan seorang pengganti yang lebih baik dari dirinya; atau siap digantikan oleh orang lain yang lebih baik dari dirinya. Di dalam kelompok Ryodan, ada beberapa anggota yang menurut saya sangat pantas menggantikan Chrollo sebagai pemimpin, beberapa diantaranya adalah Phinks, Shalnark, dan Machi.

#2. Perintah Chrollo adalah prioritas utama, tapi tidak dengan dirinya
Dalam quote ini Chrollo dengan tegas menyatakan bahwa perintahnya adalah prioritas utama dan harus dijalankan apapun keadaannya, tetapi ia juga menegaskan bahwa melindungi dirinya bukanlah prioritas, dengan kata lain ia rela 'dikorbankan' asalkan tujuan kelompoknya tercapai.

Instruksi Chrollo ini sangat cocok dengan ciri-ciri dari seorang pemimpin yaitu rela mengorbankan dirinya demi kepentingan/ keuntungan kelompoknya, bukan seperti seorang penguasa yang dengan tega mengorbankan kelompoknya demi kepentingan dirinya sendiri.

Akan tetapi, instruksi dari Chrollo ini justru membuat rekan-rekannya menjadi sangat loyal kepadanya, salah satu buktinya adalah ketika Chrollo berhasil ditangkap oleh Kurapika, Pakunoda dan Machi--dua orang anggota Ryodan--sampai bersitegang dengan anggota yang lain demi untuk menyelamatkan Chrollo.

#3. Chrollo adalah bagian dari Ryodan
Di quote ini Chrollo juga menyebutkan bahwa walaupun dia adalah seorang pemimpin, dia juga adalah bagian dari Ryodan. Kalau Anda pernah membaca postingan saya yang berjudul beladiri mendidik pemimpin bukan penguasa, Anda tentunya tahu bahwa salah satu definisi pemimpin adalah "seorang yang berkemampuan lebih yang bekerja bersama-sama dengan orang-orang yang dipimpinnya untuk mencapai satu atau beberapa tujuan yang sama". Chrollo telah memenuhi syarat ini, dia menyatakan bahwa dirinya adalah bagian dari Ryodan dan akan bekerja bersama dengan anggota Ryodan yang lain, bukan hanya main perintah saja.


__________

Sayangnya kisah Chrollo Lucilfer (di anime) hanya bisa kita ikuti di story arc Yorknew City saja. Saya dan juga Anda yang mengikuti serial manga/ anime Hunter x Hunter pastinya penasaran dengan masa lalu Chrollo, masa lalu yang membentuknya menjadi seorang pemimpin luar biasa, seorang pemimpin yang disegani dan mampu menyatukan orang-orang hebat di dalam kelompok Phantom Troupe, seorang pemimpin karismatik yang sudah jarang kita temui dalam kehidupan nyata.


Fun fact:
#  Pengarang Hunter x Hunter yaitu Yoshihiro Togashi adalah mangaka yang juga mengarang Yu Yu Hakusho dan Level E.
#  Yoshihiro-sensei adalah suami dari Naoko Takeuchi pengarang Sailor Moon.
Fun (not) fact:
#  Seandainya Yoshihiro-sensei memang berniat membuat side story tentang masa lalu Chrollo Lucilfer, judul yang paling pas menurut saya adalah Hunter x Hunter Origin: Phantom Troupe (#ngarep ;D).


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 8:56 AM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB