Pariwara

Followers

Bagian Tubuh Mana yang Paling Sakit Kalau Terkena Pukulan

Posted by Yonatan Adi on 2:03 PM

"Bagian tubuh manapun pasti akan terasa sakit kalau terkena pukulan".


Itulah jawaban saya atas pertanyaan: "Bagian tubuh mana yang paling sakit saat terkena pukulan?" yang diajukan oleh salah seorang pembaca setia Goblog.

Dan selesai-lah postingan saya kali ini...




... tetapi, kalau pertanyaan itu kita ubah sedikit menjadi: "Bagian tubuh mana yang kalau terkena pukulan akan memberi dampak besar bagi kita?", maka postingan ini akan menjadi sedikit lebih panjang (dan saya yakin itulah maksud sebenarnya dari pertanyaan tersebut).

"Kyusho"... itulah jawabannya.

Kyusho secara garis besar adalah daerah anatomi di tubuh manusia yang relatif lebih "lemah" bila dibandingkan dengan daerah anatomi yang lain.

Dikenal sebagai vital point dalam bahasa Inggris atau dim mak dalam bahasa Mandarin, titik kyusho ini bisa "dimanfaatkan" dengan cara memberi tekanan pada titik tersebut untuk menimbulkan rasa sakit dan atau cedera.

Dalam seni beladiri, "tekanan" ini bentuknya bisa bermacam-macam; bisa berupa cekikan, pukulan (dengan tinju ataupun telapak tangan, siku), tendangan, ataupun tusukan jari (totokan). Untuk bisa menimbulkan efek rasa sakit dan atau cedera ini, tenaga dari tekanan tersebut tidak perlu terlalu besar (setidaknya kalau dibandingkan dengan tenaga yang diperlukan untuk dapat mengakibatkan rasa sakit dan atau cedera pada daerah anatomi tubuh yang lain).

Atau dengan kata lain, dengan tenaga yang relatif lebih kecil kita bisa mengakibatkan dampak yang relatif lebih besar (Anda lihat bukan kalau hukum ekonomi saja berlaku dalam seni beladiri, apalagi hukum fisika).

Image credit: United States Army

Lalu dimana saya harus menyerang?
Di tubuh manusia sendiri ada ratusan titik kyusho yang bisa kita manfaatkan. Sebagian besar titik kelemahan ini terletak di garis tengah tubuh manusia. Beberapa contoh titik kelemahan tersebut antara lain adalah:
  1. Leher belakang
  2. Ubun-ubun (hyakue)
  3. Titik di antara kedua mata
  4. Hidung
  5. Titik diantara hidung dan bibir atas
  6. Jakun
  7. Ulu hati (suigetsu)
  8. Perut bawah
  9. Testis (kinteki)
Beberapa titik lain yang juga mudah dikenali antara lain:
  1. Pelipis (sango)
  2. Mata
  3. Telinga
  4. Sepertiga belakang rahang bawah (mikazuki)
  5. Leher bagian samping
  6. Ketiak
  7. Tulang iga (sanmae)
  8. Sendi lutut
  9. Tulang kering

Dengan mentarget titik-titik tersebut, akan relatif lebih mudah bagi kita untuk melumpuhkan seseorang, bahkan kalau orang tersebut tubuhnya jauh lebih besar daripada tubuh kita.

Berita buruknya adalah tidak akan mudah untuk mendaratkan serangan di titik-titik tersebut, karena secara insting manusia pasti akan melindungi bagian tubuhnya yang lemah itu.

Dengan begitu selesailah penjelasan saya atas pertanyaan "bagian tubuh mana yang paling sakit saat terkena pukulan.

Ada yang belum jelas?;D


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 2:03 PM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB