Pariwara

Followers

Cara Mudah Belajar Beladiri di Rumah

Posted by Yonatan Adi on 1:53 PM

Ingin belajar beladiri tetapi terlalu sibuk dan tidak punya waktu? Jangan khawatir, Anda sudah berada di tempat (atau postingan??) yang tepat, karena di postingan kali ini saya akan menunjukkan cara-cara untuk belajar beladiri sendiri di rumah.

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa belajar beladiri itu sangatlah mudah (tetapi untuk bisa menguasainya... itu yang sulit). Kenapa saya bilang mudah? karena kita bisa belajar beladiri kapanpun dan dimanapun, berapapun usia dan apapun jenis kelamin Anda, Anda bisa belajar dengan menonton video di YouTube, Anda juga bisa belajar dari buku-buku tentang seni beladiri.

Tetapi Anda juga perlu tahu bahwa hasil dari belajar beladiri sendiri tidak mungkin akan sebagus kalau Anda berlatih di bawah bimbingan seorang pelatih. Tapi mending 'kan daripada tidak sama sekali?

Ilustrasi berlatih sendiri (image credit: RyanMcGuire)
Tanpa panjang lebar lagi, inilah cara-cara mudah belajar beladiri sendiri di rumah.

#1. Pelajari video dan atau buku
Sebelum mulai berlatih, tentunya Anda harus mengenal terlebih dulu seni beladiri yang akan Anda pelajari. Buku dan video adalah dua sumber yang paling saya sarankan.

Banyak sekali buku yang membahas gerakan dasar dari aliran beladiri tertentu. Tentukan aliran beladiri apa yang ingin Anda pelajari dan mulailah berburu buku tentang aliran beladiri tersebut. Kalau bisa jangan dari satu buku, namun jangan terlalu banyak juga, 2 -3 buku saya kira sudah cukup, dan kalau bisa dari pengarang yang berbeda.

Dari buku-buku ini, selain bisa mempelajari bentuk-bentuk gerakan, Anda juga bisa mempelajari gerakan-gerakan tersebut sesuai dengan urutan dan tingkat kesulitannya.

Untuk bisa melihat gerakan tersebut in action, Anda bisa berkonsultasi dengan sensei Yutub. Dan sama seperti kasus buku di atas, carilah video dari berbagai channel dan instruktur yang berbeda.

#2. Berlatihlah di depan cermin
Setelah merasa cukup, Anda bisa mulai berlatih menirukan bentuk dan gerakan-gerakan yang sudah Anda pelajari.

Masalah terbesar berlatih beladiri sendiri di rumah adalah tidak adanya pelatih yang mengingatkan dan mengkoreksi kesalahan kita. Untungnya, masalah ini bisa diatasi dengan cukup mudah yaitu dengan berlatih di depan cermin.

Dengan melihat cermin, kita bisa melihat kekurangan ataupun kesalahan pada gerakan, kuda-kuda, ataupun posisi tubuh kita. Dengan mengetahui kekurangan ataupun kesalahan tersebut, kita bisa melakukan koreksi dan perbaikan. Tapi ada satu syaratnya: Anda harus kritis kepada diri Anda sendiri; jangan pernah beranggapan kalau gerakan Anda sudah bagus dan tidak memerlukan koreksi lagi. Teruslah berusaha untuk menyempurnakan gerakan-gerakan Anda.

Oh iya, ada satu lagi tantangan besar kalau Anda berlatih di depan cermin: jangan sampai konsentrasi Anda terganggu karena mengagumi ketampanan (atau kecantikan) diri Anda sendiri di cermin (jangan bilang cuma saya saja yang begitu ;p).

#3. Sediakan peralatan penunjang
Peralatan penunjang seperti sansak dan punching pad memang tidak wajib, tetapi tetap kita perlukan. Hati-hati saat menggunakan sansak, kalau kepalan tangan dan lengan Anda belum terlatih, Anda bisa mengalami cedera, mulai dari yang ringan seperti lecet sampai cedera berat seperti dislokasi bahu. Karena itu Anda harus... (nyambung ke nomor 4)

#4. Latih fisik Anda
Siapapapun bisa berlatih beladiri. Usia dan jenis kelamin bukanlah penghalang, termasuk kondisi fisik.

Tubuh yang bugar dan fit memang bukan syarat utama untuk belajar beladiri, tetapi untuk bisa berlatih beladiri dengan baik, mau tidak mau kondisi fisik kita harus bagus. Itulah kenapa latihan fisik menjadi salah satu menu wajib dalam latihan beladiri.

Latihan untuk memperkuat otot dan sendi seperti push-up, sit-up, squat, planque, dan sebagainya adalah menu wajib, demikian pula latihan untuk meningkatkan stamina seperti joging, skipping, ataupun burpee. Lakukan bertahap sesuai dengan kemampuan Anda; jangan langsung joging selama 30 menit misalnya, mulailah dengan 5 menit dan tingkatkan secara bertahap.


Yang tidak kalah penting, Anda juga harus bisa mengalahkan rasa malas dan capek. Karena tidak ada pelatih yang mengawasi, Anda harus 'keras' pada diri Anda sendiri. Karena tidak ada 'mandornya', Anda harus mau dan harus bisa memaksa diri Anda sendiri, jangan sampai kalah dengan rasa capek dan malas yang datang menyerang. Karena itulah sebenarnya yang menjadi tujuan utama dari budo (seni beladiri): mengalahkan diri sendiri.


Itulah dia cara-cara mudah versi saya untuk berlatih beladiri sendiri di rumah. Memang akan lebih baik kalau Anda berlatih dibawah bimbingan seorang mentor, tetapi kalau memang tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan cara-cara di atas sebagai alternatif pilihan.

Semoga bermanfaat dan selamat berlatih.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 1:53 PM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB