Pariwara

Followers

Kumite Shutai: Mengalah Bukan Berarti Kalah

Posted by Yonatan Adi on 8:35 AM

Kumite shutai adalah satu dari 6 karakteristik utama Shorinji kempo.

Salah satu karakteristik dari Shorinji kempo adalah diutamakannya berlatih secara berpasangan. Hal ini berarti dua orang kenshi (praktisi kempo) berlatih secara berpasangan dengan tujuan untuk--secara mutual--bersama-sama meningkatkan penguasaan teknik dengan cara 'bekerjasama' dalam latihan.

Perlu diingat bahwa bekerjasama disini bukan berarti kita:
(1)menyerang atau bertahan dengan setengah hati atau menyerang tidak kearah sasaran karena takut mengenai dan menyakiti teman latihan kita
(2)menjatuhkan diri saat berlatih teknik bantingan meskipun teknik bantingan--yang dilakukan oleh rekan latihan kita--tersebut kurang tepat (tidak sakit atau keseimbangan kita belum rusak)
(3)berpura-pura sakit saat terkena kuncian padahal kuncian tersebut kurang tepat, dan masih banyak lagi contoh-contoh yang lain.

Kalau kita berlatih dengan cara seperti itu, kita memang masih bisa berkembang... di dalam dojo, namun jangan kaget kalau 'kehebatan' kita di dalam dojo itu tidak akan banyak membantu dalam situasi perkelahian yang sebenarnya.
Photo credit: Evdcoldeportes
Ada dua tujuan dari metode latihan secara kumite shutai:

#Tujuan yang pertama adalah tujuan secara teknikal.
Saat berlatih seorang diri, kita akan kesulitan untuk belajar 'merasakan' jarak dan timing (maai) yang tepat untuk mengatasi serangan lawan.

Shorinji kempo adalah seni beladiri yang dikembangkan berdasarkan ajaran zen-budhisme, para kenshi dilarang menyakiti (apalagi membunuh) lawannya kecuali sangat terpaksa dan untuk membela diri. Dengan kata lain, Shorinji kempo adalah seni beladiri yang lebih bersifat defensif, mengutamakan pertahanan dan hanya menyerang (balik) apabila dibutuhkan atau hanya menyerang balik sesuai dengan keadaan (tidak berlebihan).

Dengan filosofi seperti ini, para kenshi Shorinji kempo akan cenderung 'menunggu' lawan--tapi bukan berarti kita tidak boleh menyerang duluan kalau jelas-jelas kita akan diserang.

Dua orang kenshi saling bergantian peran, apabila yang satu menyerang yang lain bertahan, dan sebaliknya. Tanpa ada serangan, pihak yang bertahan tidak akan bisa berlatih; kalau mereka berdua tidak bergantian peran, maka mereka berdua--lagi-lagi secara mutual--tidak akan bisa meningkatkan kemampuan bertahan (dan serangan balik)-nya.

#Tujuan kedua adalah untuk membangun hubungan saling bekerjasama dalam latihan.
Doshin So (guru besar shorinji kempo) sangat menentang suatu bentuk kompetisi yang menentukan menang dan kalah. Kalau kita hanya memikirkan menang dan kalah, maka kita cenderung akan memikirkan diri kita sendiri serta melupakan orang lain. Karena takut kehilangan posisi, kita akan menganggap semua orang (bahkan bawahan kita) sebagai musuh. Tidak ada seorangpun yang bisa menjadi teman kita. Shorinji kempo dikembangkan untuk melawan kecenderungan tersebut. Bagaimana caranya? Dengan kumite shutai.



Kedua tujuan ini kemudian berkembang lebih luas menjadi untuk mengembangkan diri kita masing-masing menjadi manusia yang lebih baik.
To live in a world of winning and losing, one must not recognize anyone beyond himself. Worrying about losing one’s position, even juniors are made into enemies. Without pulling down seniors from their positions, one cannot rise oneself. Not a single friend can be made. shorinji kempo aims to fight against that very tendency.-- Doshin So
Dengan berlatih secara berpasangan, salah satu pihak harus mau mengalah untuk menjadi 'korban' sedangkan pihak yang satunya harus menghargai kebesaran hati rekannya dengan cara bersungguh-sungguh--tentu saja tetap terkontrol--berlatih mengaplikasikan teknik bertahan (menyerang balik, nage-waza atau membanting, ataupun katame-waza atau mengunci).

Dengan begitu pihak yang mengalah dan menjadi 'korban' pun bisa benar-benar merasakan teknik yang sedang diaplikasikan yang pada akhirnya akan meningkatkan pemahaman dan penguasaan teknik tersebut.

Memang benar kata-kata bijak orang jaman dulu: "Mengalah bukan berarti kalah".

Itulah kumite shutai.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 8:35 AM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB