Pariwara

Followers

(Lagi-Lagi) Quote yang (Katanya) Menginspirasi

Posted by Yonatan Adi on 10:24 PM

Tahun 2016 sebentar lagi akan berakhir.

Di akhir tahun seperti ini ada satu benda yang banyak diburu. Kalender.

Menjelang tahun baru, kalender menjadi sesuatu yang sangat laris--selain terompet dan kembang api tentu saja. Saya barusan juga mendapat hadiah kalender dari perusahaan tempat saya bekerja.

Di masing-masing lembar kalender tersebut (ada 6 betewe), tertulis sebuah quote yang cukup bagus. Dan hari ini saya berniat membagikan 6 quote tersebut kepada Anda, saya juga akan memberi sedikit komentar dan pendapat saya untuk setiap quote tersebut.

Langsung saja.

Selamat membaca dan selamat menikmati. 
Gambar dari pexels.com
#1. "It is better to fail in originality than to succeed in imitation" - Herman Melville

Semua orang ingin sukses, semua orang rela melakukan apapun untuk bisa sukses, termasuk meniru orang lain. Tetapi yang dimaksud meniru di dalam quote ini menurut saya bukanlah meniru cara atau metode orang lain untuk sukses karena hal itu tentu saja sangat wajar. Kalau ada cara atau metode yang sudah pasti menghasilkan kesuksesan, apa salahnya kita tiru.

Yang dimaksud meniru disini adalah meniru penampilan, gaya, ataupun style dari seseorang. Akan lebih mudah menjelaskan quote ini dengan mengutip kutipan dari Jackie Chan: "I never wanted to be the next Bruce Lee. I just wanted to be the first Jackie Chan", dan seperti Jackie, akan jauh lebih baik bila kita sukses namun tetap orisinil.

#2. "A successful man is one who can lay a firm foundation with the bricks others have thrown at him" - David Brinkley

Saya nggak mau menipu diri sendiri.

Sebagai manusia normal, terkadang saya merasa iri dan kurang senang bila orang lain (terutama rival, saingan, atau orang yang tidak saya sukai) meraih kesuksesan.

Saya sering kali menghalang-halangi orang tersebut untuk meraih kesuksesan (atau dalam quote ini bahasanya "melemparkan batu bata").

Semoga Anda tidak seperti saya.

Akan tetapi seorang yang sukses justru mampu menggunakan "batu bata" yang dilemparkan kepadanya untuk membangun pondasi kesuksesan, atau dengan kata lain ia mampu mengubah kesulitan menjadi peluang.

#3. "Life shrinks or expands in proportion to one's courage" - Anais Nin

Seperti yang pernah saya bilang di postingan saya sebelumnya, dulunya saya adalah seorang yang pemalu, kuper, dan cengeng.

Tetapi setelah saya memaksa diri saya untuk berlatih seni beladiri, semua itu hilang dan saya berubah menjadi seorang yang malu-maluin (hehehe), terlalu banyak pergaulan (yang positif tentu saja) --sampai-sampai istri saya sering protes karena saya terlalu banyak menghabiskan waktu bersama teman-teman daripada bersamanya--, dan sedikit lebih tangguh.

Semua itu bisa terjadi karena saya berani mengambil keputusan untuk mulai berlatih seni beladiri yang sekarang menjadi "jalan hidup" saya --walaupun awalnya sempat ragu-ragu :D. Tanpa keberanian itu mungkin saya masih menjadi seorang yang pemalu, kuper, dan cengeng; tanpa keberanian itu, mungkin dunia saya tidak seluas sekarang ini.

#4. "Success is the sum of small efforts repeated day-in and day-out" - Robert Collier

Saya mampu meraih sabuk hitam dalam seni beladiri Shorinji Kempo bukan dalam waktu sehari semalam, saya meraihnya dalam waktu hampir 10 tahun (!!).

Kalau Anda bertanya-tanya bagaimana saya (akhirnya) bisa meraih sabuk hitam, jawabannya bukan karena kehebatan saya, tetapi karena saya mau menjalani prosesnya dan terus mengulang-ulang hal kecil (bahkan sampai sekarang) setiap hari. Apa hal kecil tersebut? Kihon atau latihan dasar.

#5. "It does not matter how slowly you go as long as you do not stop" - Confucius

Di nomor 4 saya telah menjelaskan kepada Anda bahwa saya butuh waktu selama hampir 10 tahun untuk meraih sabuk hitam dalam seni beladiri Shorinji Kempo. Atau dengan kata lain perkembangan saya bisa dibilang sangat lambat, tetapi akhirnya saya tetap bisa meraihnya.

Semuanya itu karena saya nggak berhenti di tengah jalan, atau kalau menurut unen-unen (peribahasa Jawa): "Alon-alon asal kelakon".

#6. "Real difficulties can be overcome; it is only the imaginary ones that are unconquerable" - Theodore N. Uail

Ada niat pasti ada jalan. Sebesar apapun rintangan yang menghalangi kita, asalkan ada niat dan mau berusaha kita pasti bisa melewati rintangan tersebut. Akan tetapi, bila di dalam hati dan pikiran kita sudah merasa tidak mampu, maka sehebat apapun kita berusaha, kita tidak akan mampu melewati rintangan tersebut. Itulah yang dimaksud dengan "imaginary difficulties" dalam quote ini.

----------

Itulah dia 6 quote yang saya dapatkan dari 6 lembar kalender 2017 yang baru saja saya dapatkan.

Semoga bisa menginspirasi.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 10:24 PM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB