Pariwara

Followers

Ki, Energi Misterius yang Sering Kita Jumpai

Posted by Yonatan Adi on 8:25 AM

Sebelum Anda membaca postingan ini, ijinkan saya untuk bertanya kepada Anda.

Apakah Anda mengalami kesulitan untuk memahami bagaimana karbohidrat memberi Anda tenaga?

Apa Anda sulit memahami kenapa uap air terasa panas?

Sulitkah bagi Anda untuk memahami bagaimana pertalite menghidupkan mesin kendaraan Anda?

Tidak?

Kalau begitu kenapa Anda mengalami kesulitan untuk memahami 'energi misterius' yang disebut dengan 'ki'? Karena menurut saya ki itu sama dengan energi. Nggak kurang dan nggak lebih.

Ki bukanlah hal super ajaib yang bisa melontarkan lawan tanpa harus menyentuhnya. Ki adalah sesuatu yang selalu kita jumpai setiap hari.

Dalam bahasa Jepang misalnya (bahasa asal dari kata ki), terdapat kata sapaan yang berbunyi "Genki desu ka" (perhatikan ada kata ki di dalamnya). Secara literal "genki desu ka" berarti "apakah energimu terkontrol dengan baik?" tetapi lebih sering diartikan sebagai "apa kabar?".

Ki tidak hanya dimiliki oleh seorang pendekar yang bertapa, mengasingkan diri, serta berlatih di puncak gunung saja. Saya juga memilikinya, bahkan setiap hari saya memasukkan ki ke dalam tubuh saya sebesar kurang lebih 2000kkal. Anda pun juga melakukannya setiap hari, meskipun mungkin lebih kecil atau lebih besar dari 2000kkal karena kebutuhan kalori tiap orang berbeda-beda.

[Untuk menghitung kebutuhan kalori harian Anda, Anda bisa membaca postingan saya yang berjudul Kalori dan Berat Badan.]

Masih belum percaya? Masih berpikir bahwa ki hanya dimiliki oleh segelintir orang dengan kemampuan istimewa?

Mari kita lihat karakter huruf kanji dari ki.
Gambar dari commons.wikimedia.org
Huruf kanji ini terdiri atas dua bagian. Bagian atas yang berarti uap dan bagian bawah yang berarti beras. Jadi arti kata ki adalah uap yang keluar dari beras (yang sedang dimasak). Dan apa yang Anda pikirkan saat melihat uap yang keluar saat Anda menanak nasi? Energi panas? ya benar... energi.

Kalau ki adalah energi, kenapa banyak orang yang kesulitan menjawab saat ditanya apa itu ki? Kenapa saat kita bertanya tentang apa itu ki pada seorang sifu taichi misalnya jawabannya terkesan berbelit-belit (bahkan mungkin nggak mau menjawab)? Apakah mereka merahasiakan sesuatu?

Mereka tidak menyembunyikan apapun juga dari Anda. Kalau pertanyaan "apa itu ki?" saya ubah ke dalam bahasa Indonesia menjadi "apa itu energi?" apakah Anda bisa dengan mudah menjawabnya?




Nama Anda
New Johny WussUpdated: 8:25 AM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB