Pariwara

Followers

10 Quote Beladiri Inspirasional bagian ke-2

Posted by Yonatan Adi on 2:06 PM

Karena sambutan yang cukup baik untuk postingan saya tentang 10 quote beladiri inspirasional, saya mengumpulkan kembali 10 quote tentang seni beladiri yang menurut saya cukup menarik.

Semoga bisa menjadi sumber inspirasi dan tidak hanya menjadi bahan bacaan. 
Photo credit: tunasugraph
#10. "A one sided martial artists is a blind martial artist." - anonymous

Seorang praktisi beladiri yang terlalu fanatik dengan seni beladiri-nya tidak akan bisa berkembang. Sama seperti saat kita bersekolah, kita tidak mungkin bisa menjadi seperti sekarang ini dengan hanya mempelajari matematika saja, kita juga perlu mempelajari fisika, biologi, bahasa Inggris, sejarah, ekonomi, dan juga pelajaran-pelajaran yang lain (yang mungkin tidak kita sukai).

Memang sih ada beberapa cabang seni beladiri yang melarang praktisinya untuk belajar seni beladiri lain dengan tujuan untuk menjaga kemurnian seni beladiri-nya, tetapi bukan berarti kita tidak boleh 'mempelajari' teknik-teknik beladiri lain sekedar untuk pengetahuan, bukan?

#9. "According to all the laws of aerodynamic the bumble-bee should not fly, but the bumble-bee does not know this and so flies anyway." - filosofi kungfu

Kita adalah seperti apa yang kita pikirkan. Jangan terlalu banyak berpikir saat Anda sedang berlatih sebuah teknik baru misalnya, Anda hanya perlu berlatih dan terus berlatih, dan tanpa Anda sadari Anda sudah menguasai teknik tersebut.

#8. "A weapon isn't good or bad, it depends on the person who uses it." - Jet Li (aktor film, produser, dan ahli wushu)

Seorang praktisi beladiri bisa saja menggunakan "senjata"(ilmu beladiri)-nya untuk menyakiti orang lain, tetapi dia juga bisa menggunakan ilmunya tersebut untuk menolong. Semua itu tergantung pada orangnya, bukan pada ilmu beladiri-nya.

#7. "Pain is the best instructor, but no one wants to go to his class." - Choi Hong Hi (penemu taekwondo)

Tidak ada seorangpun yang ingin dan mau mengalami (dan merasakan) kegagalan, tetapi ada satu hal yang sering kita lupakan: tanpa kegagalan kita tidak akan mungkin bisa berhasil.

#6. "I see martial arts as moving form of meditation. when you're sparring or drilling techniques, you can't think of anything else." - Joe Rogan (komentator olahraga dan komedian)

Meditasi dan seni beladiri mempunyai tujuan yang sama yaitu menyatukan tubuh, jiwa, dan pikiran. Saat bermeditasi kita memusatkan perhatian pada sesuatu (biasanya memusatkan perhatian pada napas) untuk menjaga pikiran kita tetap fokus. Sama halnya dengan seni beladiri, saat kita sedang sibuk berlatih teknik baru ataupun pada saat kita melakukan sparring misalnya, tanpa kita sadari pikiran kita juga terpusat pada hal tersebut. 

#5. "I hated every minute of training, but I said, 'don't quit. suffer now and live the rest of your life as a champion'." - Muhammad Ali (mantan juara dunia tinju kelas berat)

Mungkin seni beladiri bukanlah hobi Anda, mungkin pelatih Anda melatih Anda dengan disiplin tinggi, mungkin Anda capek dengan latihan keras yang diterapkan oleh pelatih Anda, tetapi kalau Anda mau melalui semuanya itu, Anda tidak hanya bisa menjadi seorang juara seperti Muhammad Ali, Anda juga akan mendapatkan manfaat yang besar dalam kesehatan dan kehidupan Anda.

#4. "You may train for a long time, but if you merely move your hands and feet and jump up and down like a puppet, learning karate is not very different from learning a dance." - Gichin Funakoshi (pendiri aliran karate Shotokan)

Kalau Anda berlatih asal-asalan: asal bergerak, asal memukul, asal menendang, atau asal dalam melakukan teknik yang diinstruksikan oleh pelatih Anda tanpa pemahaman yang benar atau tanpa tenaga atau kecepatan yang semestinya, lebih baik Anda berhenti berlatih beladiri dan berlatih menari saja.

#3. "I practice martial arts not to win over other people, but to win over my own heart." - Tony Jaa (aktor film dan ahli Muay Thai)

Tujuan seni beladiri bukanlah untuk mengalahkan orang lain, melainkan untuk mengalahkan ego, ketakutan, kelemahan, dan keragu-raguan di dalam diri kita sendiri.

#2. "If you have to think about a technique, you haven't done it enough." - Norman Harris

Kalau sebuah teknik dilatih secara berulang kali, kita akan bisa mengaplikasikan teknik tersebut jika diperlukan tanpa harus berpikir lagi. Kalau kita masih harus berpikir, berarti latihan kita masih kurang.

#1. "Nothing is perfect, everything can be improved." - anonymous

Kita memang tidak akan mungkin menjadi sempurna, tetapi kita bisa terus berusaha untuk menjadi sempurna. Garis finis bukan tujuan utama, perjalanan yang harus kita tempuh untuk menuju kesanalah yang jauh lebih penting.



__________

Sekian dulu yang bisa saya sampaikan, kalau postingan ini disambut baik mungkin akan ada bagian ke-3 :D.

[Baca juga 10 Quote Manga/Anime Inspirasional]

Saya tutup postingan ini dengan meminjam quote dari salah satu motivator terbaik Indonesia:

"Itu"

Terimakasih.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 2:06 PM

2 komentar:

  1. Berarti beladiri tidak hanya melatih raga,tp jg melatih kepribadian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali bro, beladiri tidak hanya melatih fisik, tetapi juga melatih mental dan spiritual dari praktisinya.

      Delete

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB