Pariwara

Followers

Yoga dan Beladiri

Posted by Yonatan Adi on 3:07 PM

"Yoga Fire!!"

Kalau Anda suka bermain game dan lahir di tahun '80-an, Anda pasti familier dengan teriakan ini. Ya, itu adalah teriakan khas dari Dhalsim, petarung sekaligus seorang master yoga dalam serial game "Street Fighter".

*maaf, intronya agak maksa :D

Bagi yang belum tahu, yoga adalah metode latihan fisik, mental, dan spiritual yang berasal dari India. Kata "yoga" sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang berarti "mendengarkan" atau "bersatu" (dengan alam atau Sang Pencipta). Di dalam ajaran Hindu, yoga merupakan langkah pertama untuk mencapai pencerahan spiritual.

Image credit: GDJ via pixabay.com
Sekarang ini yoga dipelajari secara luas oleh berbagai kalangan bukan hanya dari kalangan umat agama Hindu saja. Yoga modern telah menghilangkan nyanyian, mantra, ataupun doa-doa agama Hindu sehingga bisa dipelajari oleh siapapun, dan dari agama apapun.

Cabang yoga yang paling banyak dipelajari saat ini adalah Hatha Yoga dan Raja Yoga. Secara umum semua cabang yoga mengajarkan latihan fisik (asana/ pose), latihan pernapasan (pranayama), relaksasi, dan meditasi.

Terlepas dari pro dan kontra soal yoga yang sampai saat ini masih diperdebatkan, yoga sudah terbukti mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. 

Manfaat latihan yoga untuk kesehatan

Yoga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan, beberapa di antaranya adalah:

1. Menghilangkan stres dan depresi 
Beberapa postur dalam yoga seperti child's pose dan standing forward fold yang dilakukan bersama dengan latihan pernapasan dipercaya dapat menurunkan stres dan depresi. 

2. Mengontrol hipertensi 
Latihan yoga secara rutin dan teratur mempunyai efek yang positif pada tekanan darah. Pose-pose yoga akan menjaga tubuh dan pikiran dalam keadaan rileks sehingga dapat menurunkan tekanan darah. 

3. Kesehatan jantung 
Yoga yang dibarengi dengan perubahan pola hidup dan pola makan yang sehat akan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Sebuah penelitian yang dilakukan pada para penderita penyakit jantung koroner menyebutkan bahwa terjadi perbaikan secara drastis pada mereka yang memasukkan latihan yoga dalam pengobatannya. 

4. Mengontrol kadar gula darah
Gambar dari maxpixel.freegreatpicture.com
5. Meredakan nyeri 
Beberapa pose seperti mountain pose dan downward facing dog bisa meredakan nyeri terutama pada penderita dengan nyeri punggung bawah. 

6. Menurunkan berat badan 
Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang berdiet sekaligus berlatih yoga mengalami penurunan berat badan yang lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang berdiet namun tidak berlatih yoga. 

7. Menyembuhkan Sindrom Carpal Tunnel 
Sindrom Karpal Tunnel adalah penyakit pada pergelangan tangan yang disebabkan oleh saraf yang tertekan. Gejalanya antara lain tangan terasa kesemutan, lemah, dan kebas yang kalau dibiarkan dapat menimbulkan cacat permanen. Sindrom ini biasa dialami oleh mereka yang sering melakukan aktivitas mengetik di komputer dalam waktu lama. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berlatih yoga secara rutin selama 8 minggu bisa mengurangi gejala-gejala Carpal Tunnel. 

8. Meningkatkan kelenturan otot dan sendi 
Pose-pose yoga bisa meningkatkan produksi pelumas pada sendi sehingga akan meningkatkan kelenturan dan fungsi dari sendi tersebut. 

9. Detoksifikasi 
Latihan yoga akan membuat otot dan sendi teregang, yang pada akhirnya akan melancarkan aliran darah. Aliran darah yang lancar akan membantu pembuangan racun dari dalam tubuh. 

10. Meningkatkan gairah seksual 
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berlatih yoga secara rutin selama 3 bulan bisa meningkatkan gairah seksual dan membantu mereka yang mengalami disfungsi seksual.

11. Menyemburkan api serta dapat memanjangkan tangan dan kaki


__________

Lalu, adakah hubungan antara yoga dengan seni beladiri? 

Seperti yang sudah pernah saya bahas di postingan saya sebelumnya, Bodhidarma adalah orang yang mengajarkan delapan belas gerakan tangan louhan, ilmu metamorfosa tendon dan otot (yi jin jing), serta ilmu pembersihan jalur susuhumna (xi sui jing) kepada para biksu shaolin.

Seperti yang Anda tahu, Bodhidarma adalah seorang pangeran dari India yang kemudian menjadi pendeta Budha, tentu saja ia telah mendapatkan pelajaran yoga dari para ahli yoga istana.

Ketiga ilmu yang diajarkan kepada para biksu shaolin tersebut kemungkinan besar dikembangkan dari gerakan-gerakan (atau pose) dalam yoga yang digabungkan dengan gerakan dari berbagai macam binatang.

Ketiga ilmu inilah [delapan belas tangan louhan, ilmu metamorfosa tendon dan otot (yi jin jing), serta ilmu pembersihan jalur susuhumna (xi sui jing)] yang kemudian dikembangkan menjadi ilmu beladiri oleh para biksu shaolin.

Kalau legenda ini benar, maka yoga merupakan cikal bakal dari seni beladiri.

Kalau kita telusuri lebih dalam lagi, yoga dan seni beladiri ternyata mempunyai tujuan yang sama, yaitu melatih praktisinya untuk menyatukan tubuh, jiwa, dan pikiran. Hal ini semakin memperkuat dugaan saya tentang adanya hubungan antara yoga dengan seni beladiri.

Meskipun para praktisi beladiri modern mungkin tidak pernah belajar yoga (apalagi mempelajari ketiga ilmu peninggalan Bodhidarma), gerakan-gerakan tubuh yang kita lakukan saat melakukan pemanasan dan pendinginan banyak terinspirasi dari gerakan-gerakan yoga.

Jadi, benarkah yoga adalah nenek moyang dari seni beladiri? Kalau saya sih iyes.

Setuju dengan saya? Atau mungkin punya pendapat lain? Jangan sungkan untuk membagikannya di kolom komentar.

Terimakasih dan selamat ber-yoga ria.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 3:07 PM

2 komentar:

  1. Klo aku sih biasanya mukul mukul dinding yang udah aku siram air panas :D

    ReplyDelete
  2. Komentarnya gak salah kamar mas Asyifamirulloh Asyif?:D
    Ini kan salah satu cara mengetes pukulan apakah sudah cepat dan bertenaga, lebih cocok ditempatkan pada postingan cara melatih pukulan supaya cepat dan bertenaga

    ReplyDelete

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB