Pariwara

Followers

10 Quote Beladiri Inspirasional

Posted by Yonatan Adi on 7:29 AM

Kita sering kali mengartikan quote sebagai "kata mutiara", padahal menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, quote--yang setelah diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kuotasi--artinya adalah kutipan.

Quote adalah kutipan atau pengulangan dari ucapan atau pemikiran orang lain.

Terlepas dari apa arti kata quote yang sebenarnya, satu tiga hal yang pasti: kita semua menyukai quote, kita selalu merasa terinspirasi dan berpikir "benar juga ya" setelah membaca sebuah quote.

Berikut adalah 10 quote dari dunia seni beladiri yang menurut pendapat saya sangat menginspirasi. Dan karena ini adalah pendapat saya pribadi, Anda boleh kok untuk tidak setuju, tetapi jangan jadikan itu sebagai alasan untuk tidak membaca postingan ini :D

Photo credit: ArtsyBee
#10. "A black belt is a white belt who never gave up" - anonymous 

Quote ini mengingatkan kita bahwa siapapun bisa berhasil asalkan mau berusaha dan pantang menyerah. Seorang yudansha (sabuk hitam) bukanlah orang yang hebat, seorang yudansha hanyalah orang yang bertahan lebih lama serta mau berproses dalam latihan beladiri daripada seorang sabuk putih (pemula)

#9. "The supreme art of war is to subdue the enemy without fighting" - Sun Tzu (filsuf dan ahli strategi)

Sun Tzu, pengarang buku "The Art of War", memang bukan seorang praktisi beladiri, tetapi quote ini mencerminkan jiwa dari seni beladiri yaitu cinta damai dan anti kekerasan.

#8. "The ultimate aim of karate lies not in victory or defeat, but in the perfection of the character of its participants" - Gichin Funakoshi (pendiri aliran shotokan karate)

Hal yang paling utama dari seni beladiri (budo) bukanlah teknik beladiri-nya, bukan pula kemenangan ataupun kekalahan dalam pertarungan, melainkan pengembangan karakter dan watak dari praktisinya.

[Bacaan terkait: Hal yang Harus Anda Ketahui tentang Beladiri]

#7. "Walk a single path, becoming neither cocky with victory nor broken with defeat, without forgetting caution when all is quiet, or becoming frightened when danger threaten" - Jigoro Kano (pendiri kodokan judo)

Di dalam latihan beladiri, kita selalu dididik secara fisik dan mental untuk mencapai suatu keadaan yang disebut "heijoshin" (everyday mind)--suatu keadaan pikiran yang tidak berubah dan tetap tenang layaknya kondisi pikiran kita sehari-hari--saat menghadapi suatu masalah.

#6. "The person, the person, the person, everything depends on the quality of the person" - Nakano Michiomi (pendiri shorinji kempo) 

Quote dari Nakano Michiomi (atau yang lebih dikenal dengan nama So Doshin) ini menegaskan bahwa di dunia ini tidak ada yang baik atau yang buruk, semuanya tergantung pada manusianya itu sendiri.

Demikian juga dalam seni beladiri, tidak ada seni beladiri yang paling hebat, semuanya tergantung pada ketekunan dan keuletan seseorang dalam berlatih.

#5. "I fear not the man who practiced 10000 kicks once, I fear the man who practiced one kick 10000 times" - Bruce Lee (pendiri jeet kune do)

Repetisi adalah hal yang sangat penting, tidak hanya dalam seni beladiri. Ketika kita mengulangi melakukan suatu gerakan berkali-kali, tubuh akan belajar dan menjadi terbiasa dengan gerakan tersebut sehingga mampu bereaksi secara alami apabila diperlukan.

#4. "You can only fight the way you practice" - Miyamoto Musashi (seorang ronin dan penulis buku "The Book of Five Ring")

Latihan adalah simulasi dari keadaan yang sebenarnya. Kalau kita berlatih asal-asalan, kurang bertenaga, atau kurang serius, maka saat terjadi perkelahian yang sebenarnya, teknik yang kita aplikasikan pun akan menjadi asal-asalan dan tidak bertenaga.

#3. "The path of martial arts begins and ends with courtesy, so be genuinely polite on every occasion" - Masutatsu Oyama (pendiri kyokushin karate)

Seorang praktisi/ murid beladiri adalah orang yang sopan, santun, dan selalu menghargai orang lain. Mereka telah terbiasa terdidik dalam latihan untuk selalu menghormati instruktur, senior, junior, dan teman latihan mereka yang kemudian terbawa ke dalam kesehariannya.

#2. "You can only understand if you've had the technique done to you. It's like food. You can't describe the taste, but if you've tasted it, you know what it is. You have to personally experience it to understand" - Masaaki Hatsumi (pendiri bujinkan ninjutsu)

Teknik beladiri seperti bantingan dan atau kuncian hanya dapat dimengerti setelah kita mengalami sendiri dikunci dan atau dibanting oleh instruktur, senior, ataupun rekan latihan kita. Seseorang tidak akan mungkin menjelaskan secara detail teknik bantingan/ kuncian tanpa mempraktekkannya.

Saat seseorang meminta Anda untuk menjelaskan enaknya rasa sebuah makanan, apa yang akan Anda lakukan? Daripada panjang lebar bercerita tentang rasa dan tekstur dari makanan tersebut, akan lebih baik dan lebih mudah kalau Anda menyediakan makanan tersebut dan membiarkan orang itu merasakannya sendiri.

#1. "A black belt is nothing more than a belt that goes around your waist. Being a black belt is a state of mind and attitude" - Morihei Ueshiba (penemu aikido)

Seorang sabuk hitam (baca: senior) adalah seseorang yang (seharusnya) menjadi panutan bagi juniornya baik di dalam dojo (tempat latihan) ataupun dalam keseharian, dia harus menjadi contoh yang baik. Tetapi di Indonesia, terutama di dojo saya ;D, hal sebaliknyalah yang terjadi, ketika seseorang telah mendapatkan hak untuk memakai sabuk hitam, dia mulai sering terlambat datang latihan bahkan tidak datang latihan sama sekali.

Yang penting bukan warna sabuk apa yang kita pakai, tetapi sejauh mana tanggung jawab kita terhadap sabuk yang kita pakai.


__________

Setelah membaca postingan ini ada dua kemungkinan yang terjadi:
# pertama, Anda hanya membacanya, merasa kagum, dan kemudian melupakannya; atau
# kedua, Anda membacanya, menjadikannya sebagai sarana introspeksi, dan menerapkannya di dalam kehidupan.

Saya harap Anda adalah orang yang kedua.

Tentu saja masih ada ribuan quote dari master-master beladiri yang lain, di postingan ini saya hanya mencantumkan 10 diantaranya yang saya anggap terbaik dan paling menginspirasi.

Kalau Anda punya pendapat lain jangan sungkan untuk berkomentar ataupun membuat daftar quote yang paling menginspirasi versi Anda sendiri di kolom komentar.

[Baca juga 10 Quote Beladiri Inspirasional bagian 2]

Saya tutup postingan ini dengan sebuah quote dari Buddha Gautama:
"Sebanyak apapun kata-kata indah yang Anda baca, sebanyak apapun kata-kata indah yang Anda ucapkan, semuanya tidak akan ada artinya kalau Anda tidak melakukannya."
(**ucapkan dengan nada rendah sambil menunjuk kedepan dengan jari telunjuk Anda**) "Itu" ;p

Terimakasih.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 7:29 AM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB