Pariwara

Followers

Inilah Alasan untuk Mengikutkan Anak Berlatih Beladiri

Posted by Yonatan Adi on 2:11 PM

Anda menginginkan anak Anda untuk aktif bergerak secara fisik? Atau Anda justru kewalahan mengatasi anak Anda yang terlalu aktif? Beladiri mungkin adalah jawabannya.

Kenapa harus beladiri? Bukankah beladiri mengajarkan kekerasan? Anda mungkin beranggapan seperti itu, tetapi tidak menurut para ahli. Latihan beladiri akan menanamkan konsentrasi dan disiplin serta memberikan manfaat berupa kesehatan dan juga kelincahan pada anak Anda.

Tidak peduli apakah anak Anda pemalu, terlalu aktif, atau suka mengatur, beladiri akan mengajarkan banyak pelajaran hidup untuk anak-anak Anda.
"Martial arts are ultimately self-knowledge. A punch or a kick is not to knock the guy in front, but to knock your ego, your fear, and your hangs-up." - Bruce Lee
Berikut adalah beberapa alasan kenapa anak Anda harus belajar beladiri: 

#1. Anak Anda akan menjadi lebih aktif secara fisik
Mungkin inilah alasan paling besar bagi Anda untuk mengikutkan anak Anda untuk berlatih beladiri yaitu supaya aktif bergerak. Perlu Anda ketahui bahwa sekarang ini kasus obesitas tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja namun juga pada anak-anak dan ini terjadi sebagian besar karena kurangnya aktivitas fisik. Dari sekian banyak manfaat beladiri untuk anak Anda, mungkin inilah yang paling Anda cari--anak Anda sehat, fit, dan aktif secara fisik. 
Photo creditPrawny
#2. Memupuk rasa percaya diri
Kepercayaan diri akan diperoleh melalui suatu pencapaian. Saat anak Anda berhasil menguasai sebuah teknik baru atau lulus ujian dan naik tingkat maka rasa percaya diri akan tumbuh di dalam dirinya.

#3. Belajar menentukan tujuan dan mencapai tujuan tersebut
Dengan adanya sistem sabuk berwarna, anak akan menemukan tujuan untuk dapat mencapai tingkatan sabuk yang lebih tinggi. Tujuan tersebut hanya dapat dicapai dengan menguasai beberapa teknik baru dan lulus ujian, dengan demikian anak akan belajar bahwa untuk mencapai sesuatu dia harus berjuang, dan apabila tujuan tersebut berhasil diraih akan tumbuh rasa kebanggaan dan harga diri pada diri si anak.

#4. Belajar menghargai
Latihan selalu diawali dan diakhiri dengan menghormat kepada pelatih, senior, atau teman latihan. Karena hal ini terus-menerus dilakukan, anak akan terbiasa untuk menghormati orang lain dan bersikap sopan kepada siapapun.

#5. Disiplin
Beladiri selalu menanamkan disiplin pada praktisinya tidak terkecuali pada anak Anda. Mereka harus datang tepat waktu, mendapat hukuman apabila datang terlambat, memakai seragam latihan yang bersih dan rapi, merapikan sandal/sepatu, membersihkan tempat latihan sebelum dan sesudah berlatih, dan lain sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan baik seperti inilah yang kemudian akan terbawa ke dalam hidup kesehariannya. 

#6. Belajar terkena pukulan
Ketika anak terkena "pukulan", baik secara harfiah maupun saat mengalami kegagalan, tentu saja dia akan "jatuh", tetapi si anak akan belajar untuk bisa bangkit kembali. Tentu saja harus ada bimbingan dari pelatih dan orang tua. Untuk bisa menghadapi efek dari sebuah pukulan, anak harus terkena "pukulan" terlebih dulu.

#7. Berlatih untuk fokus dan konsentrasi
Di dalam dojo (atau dojang/padepokan) tempat berlatih beladiri, anak tidak akan menemukan televisi, video games, musik, ataupun internet. Yang ada hanyalah latihan dan berkeringat. Anak Anda akan belajar untuk fokus dan berkonsentrasi pada satu hal.

#8. Belajar bernapas
Napas adalah unsur penting dalam kehidupan dan juga dalam seni beladiri. Dengan berlatih beladiri anak akan tahu bagaimana caranya "bernapas" dengan benar, dan bagaimana caranya untuk tetap tenang walaupun sedang berada dibawah tekanan.

#9. Meningkatkan kemampuan mendengarkan
Untuk menguasai sebuah teknik, anak harus mendengarkan baik-baik instruksi dari pelatih. Anak akan belajar untuk mendengarkan dan bukan membantah. 

#10. Belajar menyelesaikan masalah
Tidak ada pelatih beladiri yang menyuruh murid-muridnya untuk menyelesaikan masalah dengan cara berkelahi. Justru dengan latihan "berkelahi" anak akan belajar untuk menyelesaikan masalah dengan cara damai. 

#11. Bersosialisasi
Hampir semua hal di dalam seni beladiri dicapai melalui kerjasama, baik itu untuk berlatih sebuah teknik ataupun saat melakukan sparring. Bekerjasama untuk mencapai tujuan adalah pelajaran penting bagi anak Anda.


__________

Latihan dan pelajaran yang didapatkan di dalam seni beladiri tidak hanya berguna di tempat latihan. Percaya diri, disiplin, kerjasama, semangat pantang menyerah, peningkatan kesehatan, dan lain sebagainya akan sangat berguna di sekolah, kehidupan sosial, dan mempengaruhi kelakuan anak di rumah. Secara umum latihan beladiri akan memberikan pengaruh baik bagi anak Anda untuk tumbuh dewasa.

Apabila Anda masih ragu-ragu untuk mengikutkan anak Anda untuk berlatih beladiri (setelah membaca postingan ini? Terlalu), ada baiknya Anda mengunjungi tempat latihan (dojo, dojang, atau sasana) terdekat dan ngobrol dengan pelatih, pengurus, maupun orang tua yang sedang mendampingi anaknya berlatih untuk lebih mengenal beladiri ataupun cara latihan di tempat tersebut. 

Jangan menilai baik buruknya sesuatu sebelum Anda mengenalnya lebih jauh. Tidak ada beladiri yang buruk, yang ada adalah pelatih beladiri yang buruk rupa (pasti bukan saya ;D).

Semoga bermanfaat dan terimakasih.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 2:11 PM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB