Pariwara

Followers

7 Orang Ahli Beladiri Modern Paling Berpengaruh

Posted by Yonatan Adi on 11:53 AM

Kalau bicara tentang seni beladiri, ada ratusan aliran dan ribuan ahli beladiri di seluruh dunia. Tetapi hanya ada puluhan saja yang tercatat namanya dalam sejarah sebagai orang yang berpengaruh. Menyempitkan 7 dari puluhan nama adalah tugas yang tidak mudah. Berikut ini adalah 7 (bukan dalam urutan) tokoh beladiri modern yang saya anggap paling berpengaruh. 
Maaf, tidak ada Jet Li disini [photo credit: maya chow]  
#1. Kano Jigoro (1860 - 1938)
Kano Jigoro adalah penemu olahraga beladiri judo.

Kano Jigoro lahir dari keluarga pembuat sake, ayahnya bernama Kano Jirosaku. Pada usia 14 tahun--kendati ditentang oleh ayahnya--Kano Jigoro mulai berlatih jujutsu aliran Tenjin sin'yo ryu dibawah asuhan Fukuda Hachinosuke. Setelah itu Kano mulai belajar berbagai aliran jujutsu, berguru pada Iso Masatomo dan Iikubo Tsunetoshi.

Kano Jigoro mengembangkan judo dari berbagai aliran jujutsu yang dipelajarinya terutama aliran Tenjin shin'yo-ryu dan Itto-ryu dengan menghilangkan beberapa teknik yang dianggap berbahaya dan juga menambahkan berbagai teknik baru yang diambil dari gulat Eropa. 

Selain seorang ahli beladiri, Kano Jigoro juga dikenal sebagai seorang pendidik yang memegang beberapa jabatan penting, diantaranya sebagai Direktur Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Jepang. Kano Jigoro juga berperan penting dalam masuknya judo dan kendo ke dalam kurikulum pendidikan formal Jepang.

Penemuan olahraga judo ini bahkan mendapat pengakuan dari Kementerian Pendidikan Jepang sehingga Kano Jigoro mendapatkan gelar profesor.

Aliran judo ciptaannya yaitu Kodokan judo merupakan aliran judo terbesar saat ini. 

#2. Gichin Funakoshi (1868 - 1957)
Gichin Funakoshi adalah penemu aliran shotokan karate dan dianggap sebagai bapak karate modern.

Dilahirkan pada jaman Restorasi Meiji, Funakoshi mulai belajar karate di bawah bimbingan Anko Asato, seorang master kendo dan karate Okinawa. Funakoshi mengembangkan karate alirannya berdasarkan dua aliran karate Okinawa yang dikuasainya yaitu Shorei-ryu dan Shorin-ryu. 

Selain ahli beladiri, Funakoshi adalah seorang filsuf dan penyair dengan nama pena "Shoto". Nama shotokan dibuat oleh murid-muridnya yang memasang papan nama bertuliskan "Shoto-kan" di atas pintu masuk dojo (Shoto-kan berarti rumah-nya Shoto). 

Setelah merasa bahwa murid-muridnya telah mampu untuk meneruskan ajarannya, Funakoshi berkelana ke kepulauan utama Jepang dan mendirikan dojo shotokan pertama di Tokyo pada tahun 1939. Disinilah Funakoshi mengubah sebutan untuk beladiri yang diajarkannya dari 唐手 menjadi 空手. Meskipun ditulis dengan huruf kanji yang berbeda, keduanya sama-sama dibaca karate, tetapi huruf yang berarti "Cina" kurang bisa diterima oleh orang Jepang. 

Peninggalan terpenting Gichin Funakoshi adalah dokumen yang disebut "Niju-kun" yang diterbitkan dalam buku berjudul The Twenty Guiding Principles of Karate. Selain berisi 20 prinsip yang harus dipatuhi oleh seorang karateka, buku ini juga berisi sejarah, dasar-dasar karate, serta macam-macam kata dan teknik kumite.

#3. Morihei Ueshiba (1883 - 1969)
Morihei Ueshiba adalah penemu aikido, seni beladiri yang disebutnya sebagai "The Art of Peace".

Morihei Ueshiba dilahirkan sebagai anak keempat dan putra satu-satunya dari seorang politikus dan tuan tanah Yoroku Ueshiba. 

Ueshiba kecil adalah seorang yang lemah dan sakit-sakitan sehingga ayahnya menyarankan dirinya untuk belajar sumo dan renang. Ueshiba muda bertekad untuk menjadi lebih kuat setelah melihat ayahnya dianiaya oleh politikus saingannya.

Aikido, beladiri yang diciptakannya, dikembangkan dari berbagai aliran jujutsu terutama aliran Daito-ryu aiki-jujutsu yang diajarkan kepadanya oleh Shokaku Takeda. Selain Daito-ryu, Aikido juga dipengaruhi aliran Goto-ha yagyu-ryu dan Tenjin shin'yo-ryu.

#4. Nakano Michiomi (1911 - 1980)
Lebih dikenal sebagai Doshin So, Nakano Michiomi adalah penemu beladiri shorinji kempo.

Michiomi mulai belajar beladiri dari kakeknya yang adalah seorang ahli beladiri kendo, sojutsu, dan Fusen-ryu jujutsu. Ketika menjalankan tugas di Manchuria sebagai agen intelijen militer, Michiomi mempelajari Bailian quan (Byakurenmon-ken) dan Yihe quan (Giwamon-ken) di bawah bimbingan Chen Lian dan Wen Taizong sampai mendapatkan gelar guru besar.

Michiomi terpanggil untuk memperbaiki keadaan moral rakyat Jepang yang merosot akibat kekalahan pada Perang Dunia ke-2. Michiomi menyederhanakan dan menyusun ulang Byakurenmon-ken dan Giwamon-ken yang dipelajarinya di Cina dan menggabungkannya dengan ilmu beladiri yang dipelajarinya dari kakeknya untuk menciptakan shorinji kempo.

Pada tahun 1979 pemerintah Cina mengundang Nakano Michiomi untuk memperkenalkan kembali Yihe quan di kuil Shaolin, tetapi sayang Michiomi tidak sempat melakukan amanat tersebut karena beliau meninggal karena sakit jantung setahun setelahnya.

#5. Choi Hong Hi (1918 - 2002)
Choi Hong Hi adalah penemu taekwondo.

Lahir di Hwa Dae Myong Chun (sekarang wilayah Korea Utara) ketika Jepang masih menguasai semenanjung Korea. Hong Hi mempelajari beladiri kuno Korea taekkyon dari Han Il Dong. Ketika melanjutkan pendidikan di Jepang pada tahun 1937, Hong Hi muda juga mempelajari karate hingga mencapai tingkatan yudansha (sabuk hitam).

Ketika Perang Dunia ke-2 pecah, Hong Hi mempelopori gerakan perlawanan terhadap Jepang yang disebut Gerakan Tentara Mahasiswa Pyongyang. Hong Hi tertangkap kemudian dipenjara di Jepang. Selama di dalam penjara, Hong Hi berlatih beladiri bersama teman satu selnya untuk menghilangkan kebosanan. Di dalam penjara inilah Choi Hong Hi menggabungkan taekkyon dengan karate dan terciptalah taekwondo.

Setelah dibebaskan, Hong Hi kembali ke Seoul dimana organisasi tentara mahasiswanya berada dan mulai mengajarkan beladiri ciptaannya.

#6. Bruce Lee (1940 - 1973)
Tidak lengkap rasanya membuat daftar tokoh beladiri paling berpengaruh tanpa seorang Bruce Lee. Bruce Lee adalah seorang aktor film, ahli beladiri, filsuf, pembuat film, dan penemu jeet kune do.

Terlahir di Chinatown, San Fransisco dengan nama Lee Jun-fan dari seorang bintang opera Canton Lee Hoi-Chuen, Lee tumbuh besar di Kowloon Hongkong. Bruce muda adalah seorang yang gemar berkelahi dan bahkan menjadi anggota dari sebuah geng lokal. Bruce Lee mulai berlatih Wingchun pada usia 16 tahun langsung di bawah asuhan Yip Man.

Ketika menempuh Pendidikan di Universitas Washington, Lee mulai mengajarkan beladiri. Hal ini ditentang oleh banyak praktisi beladiri Cina yang menganggap bahwa Lee telah menyebarkan harta karun Cina yang terbesar (kung fu) kepada orang asing non Cina. Lee banyak ditantang oleh praktisi beladiri lain yang semuanya berakhir dalam hitungan menit bahkan detik untuk kemenangan Lee.

Bruce Lee menciptakan jeet kune do dengan menggabungkan wingchun dan berbagai aliran beladiri yang dipelajarinya di Amerika antara lain boxing (tinju), anggar, dan savate.

Salah satu quote Bruce Lee: "Use only that which work, and take it from any place you can find it", membuatnya dianggap sebagai bapak dari Mixed Martial Arts (MMA).

#7. Masaaki Hatsumi (1931 -  )
Masaaki Hatsumi adalah pendiri dari Bujinkan Organization dan guru besar Bujinkan ninjutsu.

Hatsumi muda adalah seorang yang sangat menyukai beladiri. Ketika menempuh pendidikan di Universitas Meiji, Hatsumi mempelajari judo hingga mencapai yudansha (tingkatan Dan). Setelah lulus Hatsumi terus mencari guru untuk belajar beladiri. Pada usia 26 tahun, Hatsumi berguru kepada Toshitsugu Takamatsu untuk mempelajari ninjutsu. 15 tahun dihabiskannya untuk mempelajari berbagai teknik ninjutsu, sambil terus berlatih judo, aikido, kobudo, dan karate aliran Shito-ryu.

Setelah menerima gelar Grandmaster dari gurunya pada tahun 1972, Hatsumi mendirikan dojo Bujinkan di Noda, Jepang. Pelatihan ninjutsu-nya terfokus pada taijutsu, karena Hatsumi merasa bahwa teknik-teknik ninjutsu yang lain tidak perlu dipelajari di masa modern ini kecuali hanya untuk "sisi historisnya saja". 

Fun fact: Masaaki Hatsumi terlibat dalam pembuatan serial tokusatsu Jepang berjudul "Sekai Ninja Sen Jiraiya" atau yang lebih dikenal di Indonesia sebagai Ninja Jiraiya dan berperan sebagai ayah sekaligus guru dari tokoh utamanya.


__________

Itulah dia tujuh ahli beladiri modern paling berpengaruh versi on the spot Goblog. Setuju dengan pendapat saya? Atau Anda punya pendapat sendiri? Jangan sungkan untuk membagikannya di kolom komentar.

Terimakasih.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 11:53 AM

1 komentar:

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB