Pariwara

Followers

Kenapa Harus Belajar Beladiri?

Posted by Yonatan Adi on 4:06 PM

Berlawanan dengan opini umum, belajar seni beladiri tidak akan membuat kita menjadi orang yang kasar dan agresif. Justru sebaliknya, banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari latihan seni beladiri.

Kesehatan mental maupun fisik, rasa percaya diri, sikap dan perilaku ksatria serta menghargai orang lain adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari latihan seni beladiri.

Kalau Anda masih ragu-ragu dan membutuhkan sebuah alasan untuk mulai berlatih beladiri, silakan teruskan membaca postingan ini.

Beberapa manfaat dari latihan beladiri antara lain adalah:

Image dari pixabay.com
#1. Membela diri (tentu saja duh...)
Tingkat kejahatan yang terus meningkat, terutama kepada kaum hawa, terus mengancam kita. Dengan berlatih beladiri, Anda akan belajar teknik-teknik membela diri yang akan sangat berguna dalam situasi terancam.

Beladiri mengajari Anda untuk bisa mengontrol situasi dan melawan dengan cara yang "pintar" supaya Anda tidak menjadi korban tindak kejahatan. Tapi jangan membayangkan Anda akan bisa melawan banyak orang sekaligus. Tujuan utama beladiri disini adalah selamat. Anda tidak harus berkelahi untuk selamat. Anda bisa saja lari ataupun meminta pertolongan.

Lalu apa gunanya belajar beladiri kalau hanya untuk lari? Belajar beladiri akan memberi Anda kepercayaan diri dan rasa aman. Anda akan tetap tenang dan bisa berpikir jernih untuk mencari solusi terbaik dari masalah yang sedang Anda hadapi.

#2. Kepercayaan diri
Kepercayaan di dalam hati bahwa Anda mampu membela diri jika terjadi sesuatu akan memunculkan rasa aman dan percaya diri. Anda akan tetap tenang menghadapi masalah karena Anda tahu bagaimana menjaga diri Anda sendiri.

#3. Kebugaran dan kesehatan
Berlatih beladiri mempunyai efek yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Teknik-teknik beladiri seperti memukul, menendang, menangkis, melompat, merunduk, dan sebagainya akan meningkatkan denyut jantung dan memperlancar aliran darah.

Jantung dan sistem sirkulasi yang kurang sehat akan menyebabkan Anda cepat lelah dan kurang bertenaga. Kalau Anda berlatih beladiri dengan rutin, kesehatan jantung Anda akan meningkat, pembuluh darah juga akan menjadi elastis sehingga aliran darah menjadi lancar. Berlatih seni beladiri juga akan meningkatkan kelenturan, koordinasi, keseimbangan, dan refleks Anda.

Semua aliran beladiri mempunyai gerakan-gerakan (jurus) tertentu yang membutuhkan konsentrasi dan fokus. Anda akan diajari bagaimana cara bergerak yang efektif, memindahkan berat badan dari satu kaki ke kaki yang lain, dan sebagainya. Pemanasan dan stretching yang dilakukan sebelum dan sesudah latihan akan meningkatkan kelenturan otot, sendi, dan ligamen yang pada akhirnya akan memperbaiki postur tubuh Anda.

Secara umum, latihan beladiri akan meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup Anda.

#4. Disiplin
Disiplin adalah melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin dilakukan. Semua aliran beladiri mempunyai aturan dan tradisi masing-masing. Memakai seragam latihan, menata sandal dan sepatu diluar ruang latihan, membersihkan tempat latihan sebelum dan sesudah berlatih, serta hormat kepada sensei/pelatih adalah beberapa hal yang harus dipatuhi.

Anda harus datang tepat waktu, memenuhi beberapa aturan untuk bisa menempuh ujian kenaikan tingkat, serta rutin membayar iuran bulanan. Semua itu akan melatih Anda untuk disiplin tidak hanya di dalam tempat latihan tetapi juga di kehidupan Anda sehari-hari.

#5. Anti stress
Di dalam latihan, Anda diperbolehkan memukul atau menendang sansak sekeras mungkin dan mengeluarkan teriakan (ki ai) ketika melakukannya, hal ini akan melepaskan stres dan beban pikiran Anda.

#6. Kehidupan sosial
Di dalam tempat latihan, Anda akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang, Anda akan bisa bersosialisasi langsung dengan mereka.

Latihan beladiri akan menumbuhkan rasa kebersamaan, rasa senasib, dan saling menghargai. Hal ini akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari, Anda akan terbiasa menghargai orang lain terlepas dari apa latar belakang mereka, serta bersikap sopan dan santun kepada siapapun.

#7. Positive attitude
Kalau Anda terlatih dalam seni beladiri, Anda tahu bahwa pikiran negatif tidak akan membantu Anda. Anda akan selalu berpikiran positif, dan tidak mudah menyerah menghadapi tantangan.

Image dari commons.wikimedia.org
Dan kabar baiknya adalah berbagai manfaat diatas bisa Anda peroleh terlepas dari siapa dan berapapun usia Anda, karena latihan seni beladiri bisa dilakukan oleh siapapun dan umur berapapun.

Masih belum yakin juga untuk mulai berlatih?

Nih, saya beri beberapa fakta menarik:

Yang pertama: praktisi beladiri yang berusia setengah baya mempunyai kondisi fisik yang jauh lebih baik daripada orang-orang seusia mereka yang tidak berlatih seni beladiri, itulah hasil dari sebuah penelitian yang dipublikasikan di dalam British Journal of Sports Medicine.

Yang kedua: penelitian lain juga menyebutkan bahwa dengan rutin berlatih seni beladiri, produksi kortisol (hormon stres) akan menurun serta dapat meningkatkan volume otak.

Setuju dengan saya? Jangan sungkan untuk berkomentar ya...

Terimakasih.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 4:06 PM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB