Pariwara

Followers

Genjutsu, Seni Mengelabui Lawan

Posted by Yonatan Adi on 10:42 AM

Apa yang terlintas pertama kali di pikiran Anda saat mendengar kata "uchiha"? Ya, benar sekali, genjutsu. Di dalam manga/ anime "Naruto", klan ninja Uchiha memang digambarkan sebagai salah satu pemilik teknik genjutsu terhebat.

Tetapi lupakan dulu klan yang saat ini tinggal menyisakan Sasuke seorang itu, yang menjadi pertanyaan adalah: "Apakah genjutsu benar-benar ada di dunia nyata?" Jawabannya adalah ya dan tidak.

Ya... karena genjutsu adalah berbagai teknik ninjutsu yang digunakan oleh seorang ninja untuk mengelabui lawan-lawannya.

Tidak... karena teknik genjutsu yang dikuasai oleh seorang ninja tidak sama (dan tidak se-spektakuler) dengan yang biasa Anda lihat di manganime Naruto.

Dikatakan bahwa genjutsu dikembangkan dari berbagai teknik ninjutsu seperti:
  • taijutsu sosokushuge -- teknik bergerak secepat angin
  • shuriken-jutsu -- teknik melemparkan senjata rahasia
  • heigaku no ichibu -- strategi pertempuran
  • mikkyo -- salah satu ajaran rahasia Budha
  • shugendo dan senjutsudokyo -- menjadi petapa, mengasingkan diri di gunung, serta metode untuk mendapatkan 'kekuatan supranatural'
Legenda dan mitos menyebutkan bahwa genjutsu adalah semacam bentuk hipnotis yang menyebabkan korbannya melihat/ mendengar sesuatu yang tidak sama dengan kenyataan sehingga si ninja bisa melakukan apapun saat korbannya sedang dalam pengaruh genjutsu tersebut.

Photo credit: Dako Huang
Akan tetapi, meskipun ada banyak cerita serta legenda tentang seorang ninja yang mampu mengelabui lawan-lawannya dalam sebuah pertarungan dengan menggunakan genjutsu, arti genjutsu bagi seorang ninja adalah lebih kepada berbagai teknik yang digunakan oleh seorang ninja ketika doski sedang menyamar saat sedang menjalankan misinya.

"Genjutsu adalah berbagai teknik yang digunakan oleh seorang ninja untuk menyamar saat sedang menjalankan misinya."

Berbeda dengan penggambaran sosoknya dalam manganime "Naruto", seorang ninja sebisa mungkin akan menjauhkan dirinya dari pertarungan langsung. Keahlian utama seorang ninja adalah infiltrasi dan mengumpulkan informasi, sedangkan pertarungan adalah opsi terakhir. Karena itu seorang ninja tidak pernah terang-terangan menunjukkan jati dirinya. Salah satu cara menyembunyikan identitas (dan menyusup) yang paling efektif adalah dengan menyamar. Bentuk penyamaran yang sering dipakai oleh seorang ninja antara lain adalah menjadi pendeta Shinto/ Budha, menjadi petani, menjadi geisha, dan juga menjadi seorang pemain sarugaku (sarugaku-shi).

Sarugaku sendiri adalah semacam bentuk pertunjukan kesenian yang meliputi tarian, akrobat, sulap, ilusi, mimikri, dan pertunjukan boneka. Sarugaku ini sangat digemari oleh para daimyo di jaman feodal Jepang, sehingga para ninja memanfaatkan hal ini (menyamar menjadi seorang pemain sarugaku) untuk bisa lebih mudah menyusup ke wilayah kekuasaan daimyo lawan.

Memang benar bahwa genjutsu adalah berbagai teknik ninjutsu yang digunakan oleh seorang ninja untuk mengelabui dan membingungkan lawan-lawannya, akan tetapi--maaf saya harus menghancurkan khayalan Anda--genjutsu bukanlah ilmu sihir yang membuat seorang ninja bisa menghilang, terbang, mempengaruhi pikiran lawan, ataupun menjebak lawannya dalam "dunia rasa sakit." Genjutsu adalah 'ilmu sihir' yang menggunakan trik tidak berbeda halnya dengan seorang tukang sulap yang menggunakan trik dalam pertunjukan sulapnya.



Sumber:


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 10:42 AM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB