Pariwara

Followers

Jujutsu atau Jiujitsu

Posted by Yonatan Adi on 6:54 PM

Apa Anda pernah tahu atau paling tidak pernah mendengar salah satu aliran seni beladiri asal Jepang yang disebut jujutsu? Lalu apakah Anda pernah mendengar aliran seni beladiri (asal Jepang juga) yang disebut jiujitsu? Samakah jujutsu dengan jiujitsu? Atau apakah mereka ini dua seni beladiri yang berbeda? Mari kita tanya Galileo... :D.

Jujutsu dan jiujitsu adalah satu seni beladiri yang sama--dengan jujutsu adalah pelafalan yang lebih tepat.

Suasana latihan jujutsu di Jepang sekitar tahun 1920 (sumber: wikipedia)
Kalau jujutsu dan jiujitsu adalah seni beladiri yang sama lalu kenapa namanya berbeda?

Jujutsu dalam bahasa Jepang tersusun atas dua huruf kanji yaitu:
  • 'Ju' (kanji: , yang berarti halus atau lembut), dan
  • 'Jutsu' (kanji: , yang berarti teknik atau cara)
Huruf 'u' dalam 'ju' dilafalkan agak panjang (mirip dengan pelafalan 'jew' dalam bahasa Inggris), cara orang Jepang melafalkan 'ju' ini terdengar seperti 'jiu' di telinga orang dengan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya.

Dalam bahasa Jepang, huruf 'u' yang terletak sebelum ataupun sesudah huruf c, k, f, p, g, s, dan t terkadang tidak dibunyikan dengan jelas, misalnya 'itadakimasu' dibaca 'itadakimas(u)'. Demikian juga huruf 'u' dalam 'jutsu' (yang terletak sebelum huruf t) dibaca sangat pendek bahkan seolah-olah tidak dibaca sehingga terdengar seperti 'jitsu'.

Itulah sebabnya di luar Jepang, terutama di Eropa dan Amerika, jujutsu lebih dikenal sebagai jiujitsu.

Jujutsu dan jiujitsu adalah seni beladiri yang sama, perbedaan 'telinga' dan 'lidah' sajalah yang membuatnya menjadi "berbeda". Akan tetapi, sama halnya seperti karate, silat, ataupun berbagai seni beladiri yang lain, terdapat banyak sekali aliran di dalamnya. Beberapa aliran yang cukup terkenal antara lain Fusen-ryu jujutsu, Daito-ryu Aiki-jujutsu, dan Brazilian Jiujitsu dengan berbagai variasi teknik di dalamnya. Sebagai contoh Daito-ryu lebih mengutamakan teknik grappling dan bantingan dari posisi standing (berdiri) sedangkan Fusen-ryu dan Brazilian jiujitsu lebih mengutamakan teknik kuncian dan ground fighting.

Jadi kalau lain kali Anda mendapat pertanyaan apa bedanya antara jujutsu dengan jiujitsu Anda bisa menjawabnya bukan? Nggak perlu bertanya lagi pada Galileo kan?... :D    

Demikian sedikit yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 6:54 PM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB