Pariwara

Followers

Makanan Pendongkrak Stamina

Posted by Yonatan Adi on 6:32 PM

Lebih bagus mana? Pertamax™ atau Pertalite™? Jika tubuh Anda diumpamakan sebagai mobil, maka makanan yang Anda konsumsi adalah bahan bakarnya. Semakin baik kualitas bahan bakarnya, semakin baik pula performa dari mobil tersebut.

Stamina Anda sangat dipengaruhi oleh jenis makanan yang Anda konsumsi. Beberapa nutrisi seperti karbohidrat kompleks, protein, serat, dan vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh untuk tetap aktif dan energik.

Kita sering kali beranggapan bahwa makanan yang dapat meningkatkan stamina hanya berasal dari sumber hewani (seperti daging, telur, dan susu) saja, tetapi ternyata banyak juga makanan yang berasal dari sumber nabati yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan stamina Anda.

Photo creditskeeze
Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman non hewani yang telah terbukti efektif untuk meningkatkan stamina. 

1. Air putih
Apabila tubuh Anda kurang/ tidak terhidrasi dengan baik, stamina Anda juga akan menurun. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, air juga akan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun, jadi minumlah air sebanyak-banyaknya. 

2. Pisang
Buah pisang mengandung serat dan fruktosa (gula alami) yang bisa diubah menjadi energi dalam waktu singkat sehingga buah yang sering disalahgunakan ini akan memberi Anda energi instan. Pisang paling baik dimakan 20-30 menit sebelum latihan. 

3. Ubi
Ubi (bukan singkong) adalah sumber karbohidrat yang paling baik dimakan setelah latihan. Ubi akan cepat mengganti energi yang hilang dan juga membantu menurunkan lemak tubuh, selain itu ubi juga berfungsi sebagai katalis bagi protein untuk masuk ke jaringan otot dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak. 

4. Kopi
Photo creditUnsplash
Kopi dan kafein yang dikandungnya adalah stimulan otak yang kuat. Meminum satu cangkir kopi sebelum latihan akan meningkatkan fokus dan kewaspadaan serta meningkatkan energi dan stamina. 

5. Air kelapa
Air kelapa kaya akan mineral yang mirip dengan mineral dalam cairan tubuh. Minumlah air kelapa sebelum dan selama latihan untuk mengganti cairan dan mineral yang hilang bersama dengan keringat. 

6. Sayuran hijau
Sayuran hijau kaya akan serat dan vitamin C. Serat akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sedangkan vitamin C akan membantu meningkatkan energi Anda. 

7. Apel
Zat besi yang banyak terkandung dalam buah apel akan meningkatkan hemoglobin dalam darah sehingga pasokan oksigen ke sel-sel tubuh akan terpenuhi dengan baik. 

8. Teh (terutama teh hijau)
Sama halnya seperti kopi, teh adalah stimulan otak yang cukup kuat. Keunggulan teh dari kopi adalah kandungan antioksidannya yang akan membantu proses detoksifikasi tubuh. 

9. Labu atau waluh
Kalori yang terkandung dalam labu memang tidak begitu besar, tetapi labu akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Labu juga membantu mengatur hormon yang membuat Anda lebih berenergi. 

10. Selai kacang 
Selai kacang mengandung asam lemak Omega-3 yang akan 'melindungi' jantung Anda serta menjadi cadangan energi jangka panjang karena dicerna dengan lambat. 

11. Kacang-kacangan (buncis, kedelai, kacang panjang, dsb)
Kaya akan zat besi yang akan meningkatkan daya angkut oksigen oleh darah. 

12. Jagung 
Jagung adalah salah satu sumber karbohidrat terbaik. Jagung akan memasok glukosa yang dapat dengan cepat diubah menjadi energi. 

13. Anggur merah
Photo credit Christian Schnettelker
Selain kaya dengan fruktosa, anggur merah juga mengandung zat resveratol yang dapat meningkatkan level stamina Anda apabila dikonsumsi dalam jangka panjang. Tetapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi anggur merah, ntar mabok ;p 

14. Beras merah
Beras merah mengandung karbohidrat kompleks, serat, dan vitamin B kompleks. Karena dicerna tubuh dengan lambat, beras merah bisa menjadi cadangan energi jangka panjang.


__________

Itulah dia beberapa jenis bahan makanan non hewani yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan energi dan stamina Anda.

Semoga bermanfaat dan terimakasih.



Sumber:
www.boldsky.com/health/nutrition/2013/vegetarian-foods-that-increase-stamina-033072.html
www.staywow.com/8-Vegetarian-Foods-That-Increase-Your-Stamina
  


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 6:32 PM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB