Pariwara

Followers

Hubungan antara Mandi Malam Hari dengan Rematik

Posted by Yonatan Adi on 10:38 AM

Kita (atau cuma saya?) pastinya sering mendengar omelan... eh maksud saya nasehat dari orang tua kita bahwa mandi di malam hari (malam itu jam berapa sih? apa mungkin di atas jam 19.00??) bisa menyebabkan rematik, dan banyak dari kita yang mempercayai hal tersebut. Tetapi benarkah mandi di malam hari bisa menyebabkan kita terkena rematik?

Apa itu rematik?
Secara singkat rematik adalah penyakit yang menyerang persendian, otot, dan/ atau jaringan ikat di tubuh kita. Gout (asam urat tinggi) dan artritis adalah dua dari sekian banyak tipe dari rematik. Selain karena beban pada sendi dan/ atau tulang yang berlebihan, beberapa jenis rematik juga bisa disebabkan oleh autoimun dimana sistem imun tubuh menyerang satu/ beberapa bagian tubuh kita sendiri.

Rematik sendiri lebih banyak ditemukan pada mereka yang berusia di atas 45 tahun tetapi tidak menutup kemungkinan ditemukan juga pada anak muda dan bahkan bayi.
Photo credittypographyimages
Apa saja gejala rematik?
Gejala umum rematik meliputi:
  • Rasa nyeri pada persendian
  • Kaku pada persendian terutama pada pagi dan malam hari
  • Bengkak pada daerah sekitar sendi
Apa penyebab rematik?
Rematik paling banyak disebabkan oleh penumpukan asam urat (uric acid) di sekitar persendian dan/ atau jaringan ikat. Asam urat ini akan menyebabkan radang pada sendi dan jaringan ikat sehingga menimbulkan gejala antara lain nyeri dan kaku pada persendian.

Jadi, kembali ke pertanyaan di atas, benarkah mandi malam hari bisa menyebabkan rematik?
Pendapat atau kepercayaan bahwa kebiasaan mandi di malam hari bisa menyebabkan rematik hanyalah mitos belaka, tidak ada hubungannya sama sekali antara timbulnya rematik dengan kebiasaan mandi di malam hari.
Photo credit955169
Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, penyebab terbanyak rematik adalah penumpukan asam urat di sekitar persendian dan/ atau jaringan ikat. Pastinya air yang kita pakai mandi tidak mengandung asam urat, bukan? Selain itu air yang mengguyur badan kita juga tidak akan bisa masuk ke dalam tubuh (iya kan?).

Tetapi kenapa terkadang persendian kita terasa nyeri setelah selesai mandi terutama di malam hari?
Setiap kali tubuh tersiram air dingin atau terkena udara dingin, kapsul sendi akan menyusut, hal inilah yang menyebabkan timbulnya rasa sakit. Itulah pula kenapa mereka yang SUDAH menderita rematik disarankan untuk tidak mandi di waktu malam (atau jika memang terpaksa mandilah dengan memakai air hangat) untuk mencegah rematik-nya kambuh. 

Bagaimana cara mencegah rematik?
Karena penyebab rematik yang terbanyak adalah asam urat (yang ditemukan di hampir semua jenis makanan kecuali buah-buahan), pencegahan yang terutama adalah mengatur pola makan (hindari terlalu banyak konsumsi daging dan seafood), selain itu perbanyak juga minum air putih, olahraga rutin (termasuk berlatih beladiri), serta hindari minum minuman beralkohol.

Demikian sedikit yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 10:38 AM

1 komentar:

  1. You can still improve and protect your health as you get older by adopting healthy habits, learning new skills, socializing, challenging your mind, safeguarding your environment, getting preventive care, managing chronic conditions, adjusting activities as needed, and staying positive about your capabilities.

    ReplyDelete

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB