Pariwara

Followers

Latihan Beladiri Bisa Memperpanjang Usia?

Posted by Yonatan Adi on 12:18 PM

Ingin panjang umur? Bergurulah pada Hidan dan Kakuzu, dua anggota Akatsuki yang terkenal berusia sangat panjang... ups maaf salah intro.

Anda yang ingin berumur panjang ternyata caranya cukup mudah, Anda cukup berolahraga secara rutin dan teratur.

Menurut penelitian terbaru, aktivitas fisik rutin ternyata bisa memperpanjang usia, bahkan bila dilakukan oleh penderita obese sekalipun. Dilansir dari My Health News Daily (11/6), terlepas dari jenis kelamin, usia, berat badan, dan kondisi kesehatan seseorang, olahraga sangat dianjurkan kalau Anda ingin berusia lebih panjang.

Dalam penelitian tersebut, responden yang mengalami obesitas diminta berolahraga selama 150 menit dalam seminggu, dan terbukti mereka bisa memperpanjang usia mereka rata-rata 2,7 - 3,4 tahun lebih lama.

Responden yang kelebihan berat badan tetapi belum obese dan berolahraga selama 150 menit dalam seminggu bisa memperpanjang usia mereka selama 3,9 tahun.

Sedangkan mereka yang mempunyai berat badan normal dan berolahraga selama 150 menit seminggu, rata-rata bisa menambah panjang usia mereka 4,7 tahun lebih lama.

"Pada dasarnya, penelitian kami ini membuktikan bahwa berolahraga bisa memperpanjang usia seseorang. Bahkan penderita obese yang aktif berolahraga bisa berusia lebih panjang daripada mereka yang berat badannya normal tetapi malas bergerak", tulis I-Min Lee, peneliti dari Harvard School of Public Medicine dalam jurnal Public Library of Science Medicine.

Jadi meskipun Anda sangat sibuk dan hanya punya waktu berolahraga 20-25 menit sehari, Anda punya kesempatan besar untuk memperpanjang usia Anda.

Tetapi hati-hati, jangan terlalu berlebihan dalam berolahraga, karena menurut penelitian yang lain, berolahraga berlebihan ternyata justru kurang baik bagi kesehatan Anda, apalagi kalau Anda memaksakan diri berolahraga saat sedang sakit.

Gambar dari maxpixel.freegreatpicture.com
Salah satu aktivitas olahraga yang bisa Anda pilih adalah latihan beladiri, karena menurut saya seni beladiri adalah cabang olahraga yang paling komplet.

Kenapa saya berpendapat begitu?

Dalam seni beladiri, dua kapasitas tubuh Anda yaitu kapasitas aerob dan kapasitas anaerob sama-sama dilatih. Kapasitas aerob dilatih melalui kihon, permainan jurus, dan aplikasi waza/ teknik, sedangkan kapasitas anaerob dilatih melalui latihan penguatan tubuh seperti push up, pull up, sit up dan sebagainya.

Akan tetapi, menjaga kesehatan (dan pada akhirnya memperpanjang usia) tidak cukup hanya dengan berolahraga saja, Anda juga harus menjaga pola makan (hindari alkohol dan lemak, perbanyak buah, sayur, dan air putih), istirahat cukup (6 - 8 jam sehari), dan kelola stres dengan baik.

Di samping itu--selain untuk memperpanjang usia-- Anda juga bisa mendapatkan manfaat lain dari seni beladiri yaitu pengembangan diri dan tentu saja bekal untuk membela diri apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Jadi tunggu apa lagi? Let's practice martial arts gaes.


Sumber: https://www.merdeka.com/sehat/olahraga-bisa-memperpanjang-usia.html


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 12:18 PM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB