Pariwara

Followers

Istilah dalam Olahraga yang Sering Dikacaukan Artinya

Posted by Yonatan Adi on 10:39 AM

Seperti halnya di semua bidang kehidupan yang lain, kita juga akan menemukan banyak sekali istilah di bidang olahraga.

Dari sekian banyak istilah dalam bidang olahraga, ada beberapa istilah yang seringkali dicampur adukkan artinya, misalnya melompat dan meloncat, dua istilah ini seringkali disamakan padahal keduanya mempunyai arti yang sama sekali berbeda.

Di postingan ini saya akan menunjukkan enam istilah dalam dunia olahraga yang seringkali dikacaukan artinya. Langsung saja disimak. 

#1. Pertandingan dan perlombaan
Pernah menonton pertandingan sepak bola? Atau menyaksikan perlombaan lari? Kenapa yang satu menggunakan istilah pertandingan sedangkan yang lain memakai istilah perlombaan?

Pertandingan dan perlombaan ternyata mempunyai arti yang sangat berbeda.

Pertandingan adalah suatu sistem dalam event olahraga yang mempertemukan dua orang (atau dua tim) secara head to head. Contoh dari pertandingan adalah pertandingan tenis, pertandingan badminton, pertandingan catur, pertandingan tinju, pertandingan basket, dan sebagainya,

sedangkan perlombaan adalah suatu sistem dalam event olahraga yang berjalan satu arah dengan peserta yang bisa berjumlah lebih dari dua dalam sekali pelaksanaan. Contoh dari perlombaan adalah perlombaan renang, perlombaan lari, lomba balap karung, dan sebagainya.

Ilustrasi perlombaan lari Photo credit: li yong
#2. Berjalan dan berlari
Meskipun hampir setiap hari melakukannya, tetapi tahukah Anda perbedaan antara berlari dan berjalan?

Ketika kita berlari ada suatu saat tertentu dimana kedua kaki kita "melayang" di atas permukaan tanah, sedangkan saat berjalan salah satu kaki kita pasti menapak tanah. Itulah kenapa di cabang atletik terdapat nomor pertandingan lari dan juga terdapat nomor pertandingan jalan cepat karena berlari tidak sama dengan berjalan cepat.

#3. Melompat dan meloncat 
Melompat dan meloncat memang sangat mirip, tetapi ternyata mempunyai perbedaan yang cukup besar.

Saat kita melompat, tenaga lompatan kita berasal dari salah satu kaki saja, sedangkan saat meloncat kita menggunakan kedua kaki kita sebagai sumber tenaganya.

Contoh cabang olahraga yang menggunakan lompatan adalah lompat jauh dan lompat tinggi, sedangkan loncat indah adalah contoh cabang olahraga yang menggunakan loncatan.

Bonus:
#4. Berkelahi dan beladiri
Berkelahi bertujuan untuk merobohkan lawan, sedangkan tujuan utama kita membela diri adalah untuk selamat.

Demikian yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 10:39 AM

1 komentar:

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB