Pariwara

Followers

Aliran Karate Fiktif yang Muncul dalam Game Fighting

Posted by Yonatan Adi on 6:56 PM

Karate adalah salah satu cabang seni beladiri yang paling populer.

Ini adalah fakta yang tidak bisa dipungkiri.

Setiap seni beladiri yang memakai keikogi (seragam latihan) yang berwarna putih saat berlatih hampir selalu dihubung-hubungkan dengan karate. Seni beladiri yang sedang saya dalami (Shorinji kempo, kalau Anda ingin tahu), juga sering sekali dikaitkan dengan karate sampai-sampai banyak calon murid yang mau mendaftar menanyakan pertanyaan seperti: "Apa bedanya Shorinji kempo dengan karate?".

Bahkan saking populernya, anak-anak kecil yang sedang bertengkar seringkali mengucapkan kata-kata seperti ini: "Tak karate lho engko" (aku karate lho ntar) untuk 'mengancam' atau menunjukkan pada temannya bahwa dirinya pernah atau sedang belajar karate. 

Karena kepopulerannya itu, tidak heran kalau seni beladiri asal Jepang ini sering sekali muncul di berbagai media hiburan seperti film, novel, komik, dan tak ketinggalan video games.

Nah, di postingan kali ini saya akan menunjukkan beberapa aliran karate fiktif yang muncul di dunia game utamanya game fighting.

Mangga langsung saja disimak.

#1. Ansatsuken (serial "Street Fighter")
Aliran karate yang dikuasai oleh Ryu dan Ken ini pada awalnya disebut sebagai Shotokan (meskipun tidak ada kemiripan sama sekali dengan aliran Shotokan yang asli), tetapi dalam film "Street Fighter: Assassin's Fist" (2014) dijelaskan bahwa aliran karate tersebut sebenarnya adalah Ansatsuken (assassin fist).

Photo: "Street Fighter x Kidrobot" by Joey
Seni beladiri Ansatsuken ini pada awalnya dikembangkan sebagai seni untuk membunuh. Seorang master Ansatsuken mampu memanipulasi ki (chi) mereka untuk mengeluarkan serangan spesial (baca: hadouken) yang mematikan. 

Guru besar Ansatsuken, Gotetsu, mengajarkan seni beladiri ini kepada Goken dan Goki. Goken kemudian mewariskannya kepada Ryu dan Ken (juga kepada Dan Hibiki, meski tidak seluruhnya). 

Menariknya, Ansatsuken ini mempunyai 'sisi gelap' yang disebut sebagai "satsui no hado". Goki yang tergoda dengan kekuatan hebat dari sisi gelap ini--meskipun dilarang oleh sang guru--nekad mempelajarinya dan pada akhirnya mengubah dirinya menjadi Darth Goki... *ehem* Akuma. Ryu sendiri diceritakan memiliki kekuatan satsui no hado di dalam dirinya yang sewaktu-waktu bisa muncul dan mengubah dirinya menjadi Oni alias Dark Ryu. 

Jurus khas dari aliran Ansatsuken ini antara lain tatsumaki senpuu kyaku, shoryuken, dan yang paling terkenal adalah hadouken dimana si praktisi ansatsuken melontarkan 'bola api' dari telapak tangannya.

Selain Ansatsuken, di dalam game "Street Fighter" juga terdapat aliran karate lain yang bernama Rindoukan-ryu. Aliran ini digunakan oleh karakter Makoto Rindou yang muncul pertama kali dalam game "Street Fighter III: 3rd Strike". Tetapi tidak seperti Ansatsuken, Rindoukan-ryu tidak mempunyai serangan projectile dan hanya mengandalkan pukulan, tendangan, dan juga grappling. Dan seperti halnya Ansatsuken, Rindoukan-ryu ini juga terinspirasi dari Shotokan karate.

#2. Kyokugenryu (serial "Art of Fighting")
Secara harfiah berarti extreme style. Seni beladiri ini dikembangkan oleh Takuma Sakazaki yang kemudian menurunkannya kepada tiga orang muridnya yaitu Ryo Sakazaki, Robert Garcia, dan Yuri Sakazaki.

Aliran karate ini kemungkinan besar terinspirasi dari Kyokushin-ryu karate. 

Seperti halnya Ansatsuken, Kyokugenryu juga melatih praktisinya untuk memanipulasi ki yang dapat menghasilkan serangan dahsyat seperti "hou sokou ken" serangan projectile yang bahkan berukuran lebih besar dari hadouken

Kyokugenryu juga muncul dalam game "Garou: Mark of the Wolf" dengan karakter Marco Rodriquez (versi amrik: Khushnood Butt), murid dari Ryo Sakazaki, sebagai praktisinya.

#3. Mishima-ryu (serial "Tekken")
Mishima-ryu adalah aliran karate yang digunakan oleh klan Mishima (Heihachi, Kazuya, dan Jin) dan juga beberapa karakter lain seperti Lee Chaolan, Mokujin, dan Combot.

Beberapa jurus khas dari aliran ini adalah rising uppercut, dragon uppercut, dan tsunami kick

Seperti halnya Ansatsuken dan Kyokugenryu, aliran ini juga terinspirasi dari aliran karate di dunia nyata. Uniknya, tiga orang praktisi Mishima-ryu yaitu Heihachi, Kazuya, dan Jin terinspirasi oleh aliran yang berbeda-beda. Heihachi mewakili Goju-ryu dan Shorin-ryu, Kazuya mewakili Shotokan, sedangkan Jin mewakili Shito-ryu.

Menarik untuk diketahui bahwa Akuma akan muncul dalam game "Tekken 7". Akhirnya kita akan bisa melihat pertarungan sesungguhnya antara Ansatsuken dengan Mishima-ryu.


__________

Itulah beberapa aliran karate fiktif yang muncul di dunia game. Semua aliran ini adalah versi lebay dari aliran yang "asli" dan tidak akan Anda temukan di dunia nyata.




Semoga terhibur dan terimakasih.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 6:56 PM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB