Pariwara

Followers

Tips Mengurangi Rasa Capek dan Pegal Saat Mudik

Posted by Yonatan Adi on 8:09 AM

Lebaran tinggal beberapa hari lagi. Mudik adalah salah satu tradisi yang selalu dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Liburan yang cukup panjang dimanfaatkan oleh mereka yang merantau untuk pulang kampung melepas rindu dengan sanak saudara.

Perjalanan mudik yang cukup jauh ditambah dengan kemacetan membuat kondisi tubuh menurun drastis. Belum lagi waktu istirahat yang kurang mencukupi untuk mengembalikan kondisi tubuh membuat kita harus pandai-pandai mensiasati untuk bisa menjaga kondisi tubuh saat latihan...err perjalanan mudik.

Kondisi tubuh yang terjaga saat perjalanan mudik sangat penting, karena setelah sampai di kampung halaman kita akan langsung disambut dengan aktivitas yang padat selama hari lebaran.
Antrian panjang di salah satu pelabuhan laut [sumber]
Sepanjang perjalanan usahakan untuk menjaga hidrasi tubuh dengan banyak minum air putih, kalau perlu minumlah multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bagi Anda yang mengendarai kendaraan pribadi jangan paksa tubuh Anda, istirahatlah bila merasa capek, tentunya ada banyak pos-pos peristirahatan yang disediakan di sepanjang jalur mudik.

Rasa capek dan pegal bisa disebabkan oleh posisi duduk yang salah, duduk dalam waktu lama, ataupun stres selama perjalanan. Rasa capek dan pegal yang paling sering kita rasakan di bagian punggung dan leher kadang terasa sangat mengganggu. Seorang teman saya bahkan pernah bilang kalau rasa capek saat mudik melebihi rasa capek yang kita rasakan saat berlatih beladiri.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mencegah datangnya rasa capek dan pegal tersebut:

1. Duduk dengan posisi senyaman mungkin.
Untuk pengemudi perhatikan sandaran pada bangku mobil, buatlah senyaman mungkin untuk punggung Anda. Jangan menaruh sesuatu yang tebal seperti dompet atau ponsel di saku belakang karena bisa menyebabkan posisi tulang belakang menjadi tidak lurus.

Untuk penumpang usahakan posisi duduk yang tegak tapi tetap santai, posisikan lutut sedikit lebih tinggi dari pinggul dan jaga agar posisi kepala tidak terlalu tegap dan tegang. Kalau ingin bersandar usahakan tulang belakang tetap lurus.

2. Tambahkan bantal.
Untuk menambah kenyamanan nggak ada salahnya menambahkan beberapa bantal di belakang punggung untuk mencegah rasa pegal dan nyeri di punggung bawah, akan lebih nyaman lagi bila bantal tersebut berisi gel atau busa lembut.

3. Ubah posisi duduk Anda tiap 10-15 menit.

Sering-seringlah mengubah  posisi duduk Anda, jangan terpaku dengan posisi kamae... (ups salah lagi) posisi duduk yang sama untuk waktu yang lama.

4. Carilah hiburan.

Carilah hiburan untuk mengalihkan perhatian dari rasa capek dan pegal. Untuk pengemudi Anda bisa menyetir sambil mendengarkan musik favorit. Untuk penumpang Anda bisa mencoba mendengarkan musik, membaca buku, bermain game, atau ngobrol dan bercanda dengan teman seperjalanan Anda.

Bagaimana bila rasa capek dan pegal sudah terlanjur menyerang?
Bila rasa capek dan pegal terlanjur datang, Anda yang menggunakan kendaraan pribadi bisa berhenti dan beristirahat sejenak. Sedangkan bagi Anda yang naik kendaraan umum yang tentu saja tidak bisa berhenti semau kita, Anda bisa melakukan beberapa latihan peregangan kecil-kecilan berikut untuk mengurangi rasa pegal:

1. Pegal di leher.
Anda bisa melakukan gerakan menoleh atau memiringkan kepala, lakukan kekanan dan kekiri masing-masing 8-10 hitungan, Anda juga bisa melakukan gerakan mengangguk dan menengadah masing-masing 8-10 hitungan. Ingat lakukan gerakan-gerakan tersebut dengan pelan dan jangan sampai tulang leher Anda "berbunyi".

2. Pegal di punggung.
Untuk menguranginya Anda bisa melakukan gerakan berikut: jalin jari-jari tangan Anda dan regangkan kedua lengan Anda. Luruskan lengan dan bahu Anda ke depan, rasakan tarikan di punggung Anda, tahan posisi ini selama 20-30 kali hitungan. Dengan posisi yang sama angkat lengan dan bahu Anda ke atas, rasakan regangan di otot-otot bahu, tahan posisi ini selama 20-30 kali hitungan. Ulangi dua gerakan tersebut 2-3 kali. 

Anda juga bisa memutar pinggang Anda kekanan dan kekiri masing-masing 8-10 hitungan. Lakukan gerakan ini pelan-pelan sehingga tulang belakang tidak "berbunyi".

3. Pegal di kaki.
Selain punggung dan leher, kaki juga seringkali menjadi pegal karena posisi duduk yang lama. Untuk mengurangi rasa pegal di kaki, Anda bisa melakukan gerakan sebagai berikut: luruskan kedua kaki Anda, tarik pergelangan kaki Anda ke arah atas semampu Anda dan tahan selama 20-30 kali hitungan, setelah itu dorong telapak kaki Anda ke bawah sejauh mungkin dan tahan selama 20-30 kali hitungan. Ulangi 2-3 kali.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi --seperti yang saya katakan diatas-- bila rasa capek dan kantuk mulai menyerang, berhentilah di pos-pos peristirahatan yang tersebar di sepanjang jalur mudik. Di pos-pos tersebut Anda bisa melakukan olahraga ringan dengan sedikit melakukan gerakan kihon misalnya, sekalian promosi hehe [Apalagi bila seni beladiri Anda kurang populer.] Anda juga bisa melakukan beberapa pose yoga yang mudah dan sederhana seperti mountain pose atau warrior pose.

----------

Demikian beberapa tips yang bisa saya berikan. Semoga perjalanan mudik Anda menyenangkan dan selamat berhari Lebaran.  


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 8:09 AM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB