Pariwara

Followers

Minum Air Es Setelah Berolahraga, Amankah?

Posted by Yonatan Adi on 6:07 PM

Apapun jenis olahraga yang Anda lakukan, minum segelas atau sebotol air es setelah selesai berolahraga memang terasa nikmat dan menyegarkan. Tetapi amankah minum air es setelah berolahraga?

Ada banyak sekali opini yang beredar tentang minum air es setelah berolahraga, dua yang paling populer adalah [1] minum air es setelah berolahraga dapat menyebabkan tubuh (dan jantung) 'kaget' akibat perubahan suhu yang terlalu mendadak, dan [2] minum air es setelah berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan. Tapi, yang jadi pertanyaan, apakah opini tersebut fakta atau hanyalah mitos belaka?

Menjaga hidrasi tubuh sebelum, selama, dan sesudah berolahraga adalah hal yang sangat penting. Sebuah penelitian yang dimuat di "Journal of the American College of Nutrition" pada tahun 2007 menyebutkan bahwa dehidrasi bisa berakibat buruk tidak hanya secara fisik tetapi juga secara mental.

Gambar dari pixabay.com
Selain menyebabkan penurunan performa dan cepat merasa lelah, dehidrasi ternyata juga bisa menurunkan fungsi dari 'blood-brain barrier', sebuah penghalang yang mencegah masuknya zat-zat tertentu di dalam aliran darah ke dalam otak.

Pada saat berolahraga suhu tubuh akan mengalami peningkatan dan tubuh akan berusaha untuk menurunkannya dengan cara berkeringat. Proses berkeringat inilah yang dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi.

Keuntungan minum air es

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang minum air es saat berolahraga, suhu tubuhnya akan naik lebih lambat, kenaikan total suhu tubuhnya juga akan lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang minum air biasa atau air hangat.

Brooke Schantz, seorang ahli nutrisi olahraga mengatakan bahwa terkadang kita akan merasa lebih capek kalau suhu tubuh kita meningkat terlalu tinggi saat berolahraga. "Minum air es akan mencegah suhu tubuh kita meningkat secara signifikan", katanya.

Minum air saat berolahraga--terlepas dari suhu air tersebut--sangatlah penting. "Kalau Anda banyak minum dan menjaga tubuh tetap terhidrasi saat berolahraga, detak jantung serta suhu tubuh Anda akan lebih rendah daripada mereka yang kurang minum. Anda tidak akan mudah merasa capek dan mempunyai performa yang lebih baik", tambah Schantz.

Jumlah cairan yang Anda butuhkan tentu saja tergantung pada seberapa banyak Anda berkeringat. Untuk setiap pound (sekitar 0,5 kg) keringat yang hilang, Anda butuh cairan sebanyak 16-24 ounce (sekitar 500-800 cc). Untuk itu dianjurkan Anda mengukur berat badan sebelum dan sesudah berolahraga untuk dapat mengetahui berapa banyak cairan yang Anda butuhkan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berolahraga. 

[Bacaan terkait: Dehidrasi dalam Olahraga, Tanda-Tanda dan Penanganannya]

Texas Heart Institute menyatakan bahwa minum air es kurang baik bagi tubuh, bukan karena tubuh 'kaget' dengan perubahan suhu yang tiba-tiba, tetapi karena suhu air es kurang optimal untuk dapat diserap tubuh. Institut ini menyarankan untuk minum air dingin biasa (tanpa es) karena air dingin lebih cepat diserap tubuh daripada air es.

Hal berbeda disampaikan oleh William Evans, direktur dari Nutrition, Metabolism, and Exercise Laboratory Universitas Arkansas. Menurutnya air es akan lebih cepat melewati lambung dan mencapai usus untuk kemudian diserap oleh tubuh dengan demikian air es akan lebih cepat menggantikan cairan yang hilang.

Seorang olahragawan biasanya lebih suka minum air es daripada air biasa saat dan setelah berolahraga. Tetapi dinginnya air ini ada batasnya, tidak boleh terlalu dingin. Seberapa dinginkah air yang boleh diminum? American College of Sport Medicine menyarankan untuk minum air dengan suhu paling rendah sekitar 15⁰C (atau sama dengan 2-3 butir es batu dalam segelas air).

Gambar dari pexels.com
Minum air es bisa membantu menurunkan berat badan?

Pendapat yang menyatakan bahwa tubuh akan membakar kalori untuk meningkatkan suhu cairan yang diminum sehingga sama dengan suhu tubuh memang benar, tetapi jumlah kalori yang dibakar sangatlah kecil. Menurut Roger Clemens, peneliti dari University of Southern California School of Pharmacy, untuk dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan sebanyak 1 pound (sekitar 0,5 kg) saja, kita harus minum air es sebanyak 435 ounce atau sekitar 12 liter!


__________

Jadi amankah minum air es saat berolahraga? Jawabannya adalah aman-aman saja, tapi yang perlu diperhatikan adalah kalau disaat minum air es Anda merasakan pusing atau perut Anda terasa sakit (hal ini disebabkan oleh sistem saraf yang belum siap beradaptasi dari suhu panas ke suhu dingin), itu adalah sesuatu yang wajar dan tidak berbahaya betewe, Anda bisa mengatasinya dengan minum sedikit demi sedikit sampai badan Anda terbiasa kemudian minumlah seperti biasa.

Saat berolahraga kita akan banyak kehilangan cairan tubuh melalui keringat, karena itu kita harus minum cairan pengganti secukupnya. Jangan terlalu pusing kalau air yang ada hanyalah air es, karena tidak ada penelitian yang menyebutkan bahwa minum air es berbahaya bagi tubuh kita.

[Bacaan terkait: Makanan yang Haram Dikonsumsi Setelah Berolahraga]

Demikian yang bisa saya bagikan.

Semoga bermanfaat, dan selamat berolahraga.



Sumber:


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 6:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB