Pariwara

Followers

Kenapa Tinju Disebut "Boxing" dalam Bahasa Inggris?

Posted by Yonatan Adi on 10:40 AM

Anda pastinya kenal dengan olahraga tinju bukan? Selain sepakbola, olahraga tinju ini ternyata cukup populer juga lho di tanah air.

Olahraga adu pukul ini disebut "tinju" dalam bahasa Indonesia karena memang olahraga ini sangat mengandalkan tinju/pukulan untuk meng-KO lawan (walaupun tinju bukan hanya soal pukulan tapi juga footwork dan body moving), tetapi kenapa olahraga ini disebut "boxing" dalam bahasa Inggris dan bukan "punching" atau "fisting"?

Kalau Anda belum tahu, sebelum populer dengan sebutan boxing, olahraga ini dinamakan "pugilism" yang berasal dari bahasa latin "pugnus" yang berarti tinju/ pukulan.

Ada banyak teori tentang asal-usul nama "boxing" ini. Di postingan kali ini saya akan menjelaskan beberapa di antaranya.

#1. Istilah boxing muncul pada akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20 ketika arena bertanding/ ring berbentuk kotak pertama kali digunakan.

Kenapa arena pertandingan tinju disebut "ring" padahal bentuknya kotak?

Di jaman baheula, para petinju bertanding di dalam arena berbentuk lingkaran yang digambar di atas tanah, para penonton kemudian berkerumun di sekitar lingkaran tersebut membentuk semacam pembatas berbentuk cincin (karena itu disebut ring) dengan memegang tali.

Ketika jumlah penonton bertambah banyak, ring semacam ini menjadi kurang memadai sehingga dibuatlah sebuah arena dengan cara mencancangkan tali pada empat tonggak yang ditancapkan ke tanah. Karena arena ini berbentuk kotak (box) orang-orang kemudian menyebut para petarung yang bertanding di dalam arena tersebut sedang "dikotakkan" atau "boxed in" dan sedang melakukan "boxing".

Tetapi karena sudah kadung terbiasa, arena pertandingan ini tetap disebut sebagai "ring" tinju (seperti pompa air merk S*nyo yang saking terkenalnya sehingga s*nyo menjadi identik dengan pompa air dan semua pompa air disebut s*nyo). 
Gambar dari commons.wikimedia.org
#2. Pada awal abad ke-19, seorang penulis bernama Pierce Egan menerbitkan beberapa artikel tentang olahraga tinju yang diberi judul "Boxiana". Pierce Egan ini adalah seorang yang sangat menggemari olahraga tinju dan menyebut olahraga ini sebagai "The Sweet Science of Bruising". 

#3. Beberapa sejarawan mengatakan bahwa istilah boxing berasal dari bahasa Yunani karena orang Yunani selalu menyamakan kepalan tangan dengan sebuah kotak kecil (buxem--bahasa 'kasar' dari pyxis/box). 

#4. Ada juga yang menyebutkan bahwa istilah boxing berasal dari Italia. Pada abad ke-13, seorang pastor dari Siena, Italia yang bernama St. Bernardine mengajarkan semacam seni beladiri kepada para laki-laki di parokinya, salah satu teknik dari seni beladiri tersebut adalah menangkis pukulan lawan dengan menggunakan tangan dan lengan, nama teknik tangkisan ini adalah: box up. 

#5. Kata "box" mempunyai akar kata "boke", "buc", dan "bask" yang (secara berturut-turut) berasal dari bahasa Belanda, Jerman, dan Swedia yang berarti "pukulan". Istilah "box" yang berarti memukul sudah digunakan sejak tahun 1500-an. 

#6. Nama "boxing" mungkin juga terinspirasi dari 'kuda-kuda' seorang petinju. Kalau Anda perhatikan posisi bertahan seorang petinju saat bertanding adalah dengan mengangkat kedua tangannya di dekat kepala sehingga membentuk dua garis vertikal (kalau dilihat dari depan), kalau kita menarik garis lurus diantara kedua tangan dan kedua siku si petinju kita akan mendapatkan bentuk kotak.
Perhatikan posisi lengan mereka. photo credit: Boxing AIBA
Di dalam pertandingan tinju, seorang petinju akan selalu berusaha 'menempatkan' lawannya dalam kotak (box) tersebut.


__________

Itulah dia beberapa teori tentang asal-usul nama "boxing", mungkin Anda punya teori lain?  


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 10:40 AM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB