Pariwara

Followers

Lebih Baik Mana? Olahraga Pagi atau Sore Hari?

Posted by Yonatan Adi on 9:47 AM

Pernahkah Anda bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk berolahraga? Lebih baik berolahraga di pagi hari sebelum beraktivitas, atau di sore hari setelah selesai beraktivitas?

Walaupun banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui kapan waktu yang optimal untuk berolahraga, belum didapatkan bukti yang kuat bahwa olahraga di pagi hari lebih baik daripada olahraga di sore hari, begitu pula sebaliknya, masing-masing mempunyai keuntungan dan kerugiannya masing-masing.

Mari kita lihat satu-persatu. 
Photo creditdimitrisvetsikas 1969
#Keuntungan berolahraga di pagi hari

1. Lebih mudah mengatur jadwal rutin untuk berolahraga

Kalau Anda adalah tipe orang yang kurang bisa disiplin terhadap jadwal yang sudah Anda buat, pagi hari adalah waktu terbaik untuk Anda. Menurut Cedric Bryant, PhD, seorang kepala peneliti di American Council of Exercise, seseorang cenderung untuk lebih bisa mematuhi jadwal rutin olahraga di pagi hari karena di waktu pagi biasanya belum ada aktivitas atau tanggung jawab lain yang harus dikerjakan.

2. Anda bisa mendapatkan tidur malam yang berkualitas
Pada tahun 2011, peneliti di Appalachia State University menemukan bahwa olahraga rutin di pagi hari akan membantu Anda untuk mendapatkan tidur malam yang berkualitas. Pernyataan berikut ini saya kutip dari penelitian tersebut: "Pada semua kasus, mereka yang berolahraga pada pukul 7 pagi mengalami penurunan tekanan darah sebesar 10% yang mana efeknya berlangsung sepanjang hari. Ditambah lagi tekanan darah mereka akan turun lagi sebesar 25% pada malam harinya, sehingga mereka bisa tidur lebih lama dan dengan kualitas tidur yang lebih baik daripada jika mereka berolahraga di waktu lain".

3. Anda akan lebih bersemangat dan bertenaga sepanjang hari
Berolahraga akan meningkatkan produksi endorfin dan hormon anti stres lainnya yang akan meningkatkan semangat dan tenaga Anda untuk beraktivitas. "Olahraga di pagi hari akan meningkatkan level energi serta meningkatkan mood dan konsentrasi Anda sepanjang hari", kata Dr. Bryant.

#Kerugian berolahraga di pagi hari

1. Anda harus bangun lebih pagi
Kalau Anda adalah tipe orang yang nggak bisa bangun pagi (seperti saya ;p), bangun pagi untuk berolahraga mungkin akan terasa berat, apalagi kalau harus rutin dilakukan.

Menurut Dr. Bryant, kalau Anda tidak terbiasa berolahraga di pagi hari tetapi tetap memaksakan diri untuk bangun dan berolahraga, Anda akan merasa kurang bersemangat dan lebih mudah capek.

Selain itu waktu tidur Anda juga akan terganggu yang bisa menyebabkan Anda mengantuk saat beraktivitas. Belum lagi perasaan 'diburu waktu' karena Anda harus mempersiapkan diri (mandi, sarapan, de el el) untuk beraktivitas sehingga tidak bisa terlalu lama berolahraga. 
"Sad man holding pillow" | photo creditVic
2. Anda harus melakukan pemanasan lebih lama
Setelah tidur malam selama lebih kurang 6-8 jam, seluruh otot dan sendi di tubuh Anda menjadi 'dingin' dan kaku, sehingga Anda harus 'memanaskannya' terlebih dahulu untuk meminimalisir resiko cedera. Akan sangat berbeda kalau Anda berolahraga di sore hari, karena menurut Dr. Michael Smolensky, seorang peneliti di University of Austin, otot dan sendi Anda--tanpa melakukan pemanasan pun--sudah lebih lentur 20% di sore hari.

[Bacaan terkait: Pemanasan Statis vs. Pemanasan Dinamis]

#Keuntungan berolahraga di sore hari

1. Tubuh Anda lebih siap untuk berolahraga
Setelah beraktivitas sepanjang hari, otot dan persendian Anda tentunya sudah 'panas', sehingga Anda tidak perlu terlalu lama melakukan pemanasan dan lebih tidak rentan mengalami cedera.

2. Anda bisa berolahraga lebih lama
Karena aktivitas Anda yang lainnya sudah kelar, Anda tidak perlu terburu-buru saat berolahraga. Anda bisa melakukan pendinginan dan stretching lebih lama setelah selesai berolahraga, Anda bisa beristirahat lebih lama di sela-sela aktivitas olahraga Anda, dan lain sebagainya.

3. Mengurangi stres dan beban pikiran Anda
Stres bisa berkurang dengan berolahraga. Menurut Dr. Bryant, berolahraga di sore hari akan mengurangi stres dengan cara 'membersihkan' pikiran kita dari semua beban, target, bos yang galak, dan berbagai masalah lain yang kita hadapi saat bekerja/beraktivitas.

4. Pagi hari Anda akan terasa lebih 'damai'
Anda bisa tidur lebih lama (dan menekan tombol snooze di alarm ponsel berkali-kali, jangan bilang cuma saya saja yang begitu ;D), Anda juga tidak perlu terburu-buru mempersiapkan diri (sarapan, mandi, dan sebagainya) untuk bekerja/beraktivitas.

#Kerugian berolahraga di sore hari

1. Banyak 'godaan'
Sore dan malam hari adalah 'waktu hore', apalagi bagi mereka yang bekerja mulai jam 8 hingga jam 4 sore. Halan-halan ke mall, duduk di depan televisi/menggenggam 3DS untuk bermain game, atau bercumbu dengan istri :p adalah beberapa hal yang bisa membuat Anda tergoda untuk men-skip olahraga. 

2. Tidur malam Anda bisa terganggu
Kalau Anda berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur Anda (2-3 jam sebelum tidur), Anda akan kesulitan untuk terlelap dan akan lebih sering terjaga saat tidur (walaupun hal ini bisa diatasi dengan yoga dan meditasi).

3. Jenis olahraga yang Anda lakukan mungkin menjadi terbatas
Terutama di musim hujan dimana hujan sering turun di sore dan malam hari, Anda hanya akan bisa berolahraga di dalam ruangan.

4. 'Waktu sibuk' untuk berolahraga
Kalau Anda adalah tipe orang yang suka nge-gym untuk berolahraga, Anda akan kesulitan mendapatkan giliran untuk menggunakan alat-alat olahraga dalam gym karena saking banyaknya orang yang menggunakannya. Gym, studio yoga, dan tempat-tempat olahraga lainnya biasanya penuh di sore hari saat orang-orang sudah selesai bekerja/beraktivitas.


__________

Jadi lebih baik mana? Berolahraga di pagi hari atau di sore hari? Anda sendirilah yang bisa menjawabnya. Semuanya tergantung pada apakah Anda tipe kalong/tipe yang suka bangun pagi; jenis olahraga apa yang ingin Anda lakukan; jadwal latihan di gym, sasana, dojo, atau studio tempat Anda berolahraga; jadwal kerja dan tanggung jawab Anda yang lain; dan lain sebagainya.

Yang terpenting adalah, kata para ahli, pilihlah waktu yang sesuai sehingga aktivitas olahraga Anda nantinya akan menjadi kebiasaan yang bisa rutin Anda lakukan, dan yang tidak boleh dilupakan (selain berolahraga) adalah asupan nutrisi dan waktu istirahat yang cukup.

Demikian yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.



Sumber:
www.sixpackbags.com/blog/work-morning-night/ 

www.webmd.com/fitness-exercise/features/whats-the-best-time-to-exercise/


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 9:47 AM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB