Pariwara

Followers

10 Karakter Video Games yang Terinspirasi Oleh Bruce Lee

Posted by Yonatan Adi on 9:22 AM

Tidak peduli siapapun diri Anda atau apapun seni beladiri yang Anda dalami, baik Anda nge-fans ataupun tidak, satu fakta yang pasti: Bruce Lee adalah salah seorang praktisi beladiri paling berpengaruh di abad ke-20.

Bruce Lee, yang dijuluki "The Dragon" ini adalah seorang ahli beladiri, filsuf, produser, sekaligus bintang film, serta pendiri aliran beladiri Jeet Kune Do.

Bruce yang bernama asli Jun Fan Lee ini juga dianggap sebagai bapak dari Mixed Martial Arts.

Sayang seribu sayang Bruce terlalu cepat meninggalkan kita.
Photo credit: Bryan Wright
Untungnya, 'warisannya' masih bisa kita lihat sampai sekarang, salah satunya dalam karakter video game yang penampilan dan/ atau gaya bertarungnya sengaja dibuat mirip dengan sang legenda.

Berikut ini adalah 10 karakter video game yang terinspirasi oleh Bruce Lee.

Perlu diingat bahwa daftar ini menampilkan karakter game yang mirip secara penampilan dan atau gaya bertarungnya dengan Bruce Lee, dan bukan versi game dari Bruce Lee itu sendiri. 

Tanpa panjang lebar lagi, langsung saja disimak.

#10. Hitmonlee (Serial Pokemon)

Satu-satunya karakter non manusia dalam daftar ini. Hitmonlee adalah salah satu dari 151 pokemon generasi pertama. Namanya terdiri atas tiga suku kata yaitu "hit" untuk menunjukkan bahwa ia adalah pokemon tipe fighting, "mon" singkatan dari monster, dan "lee" untuk merujuk pada diri Bruce Lee.

Meskipun secara penampilan tidak mirip sama sekali dengan Bruce Lee, dalam deskripsi pokedex-nya, Hitmonlee dikenal sebagai "kicking fiend", pokemon ini terkenal dengan tendangannya yang kuat dan cepat serta memiliki move tendangan terbang, sama seperti Bruce Lee.

#9. Dragon Chan (Super Punch-Out!!).

Bruce Lee terkenal dengan kehebatan tendangannya, karena itu Anda mungkin tidak akan mengira ada karakter mirip Bruce Lee dalam game "Super Punch-Out!!", sebuah game tinju di konsol Super Nintendo. Di dalam game ini terdapat satu karakter yang bernama Dragon Chan seorang petinju Cina yang berasal dari Hongkong.

Namanya adalah gabungan dari julukan Bruce Lee dan Jackie Chan, tetapi penampilannya lebih mirip dengan Bruce Lee. Saya sendiri belum pernah memainkan game ini, jadi saya tidak bisa memberi keterangan lebih banyak. 

#8. Jacky Bryant (serial Virtua Fighter).

Satu lagi karakter yang nggak mirip (dari segi penampilan) sama sekali dengan Bruce Lee. Jacky adalah seorang pembalap berkebangsaan Amerika, berambut pirang, dan suka memakai jaket kulit berwarna merah.

Satu-satunya kemiripan Jacky dengan Bruce Lee adalah gaya beladiri yang digunakannya yaitu Jeet Kune Do. Dalam game "Virtua Fighter", kakak Sarah Bryant ini mampu melakukan beberapa gerakan yang benar-benar dikuasai oleh Bruce Lee.

#7. Jann Lee (serial Dead or Alive).

Selain mempunyai nama yang mirip (sama-sama berakhiran Lee), gaya beladiri yang digunakan oleh Jann juga sama dengan Bruce Lee.

Jann Lee mempelajari Jeet Kune Do dari film-filmnya Bruce Lee. Ia menonton dan mempelajari film-film tersebut berkali-kali hingga akhirnya mampu menguasai Jeet Kune Do (seandainya belajar beladiri semudah itu ;D).

Salah satu kostum yang dipakai oleh Jann Lee dalam game "Dead or Alive" sangat mirip dengan kostum yang dipakai oleh Bruce Lee dalam film "Game of Death" yaitu jumpsuit berwarna kuning.

Masih kurang? Tanggal lahirnya pun dibuat sama dengan Bruce Lee.

#6. Hon Fu (serial Fatal Fury).

Hon Fu adalah karakter gabungan dari Jackie Chan dan Bruce Lee. Kemiripannya dengan Bruce Lee adalah pada senjata yang digunakannya yaitu nunchuk (atau nunchaku??). Hon Fu ini sangat ahli menggunakan nunchuk sama seperti Bruce Lee (Bruce Lee bahkan pernah memakai nunchuk untuk bermain tenis meja, kalau gak percaya Anda bisa lihat videonya di bawah ini).

Bruce Lee bermain tenis meja menggunakan nunchuk (sumber: Channel YouTube Ted Bundo)
 
Saking ahlinya, Hon Fu bahkan mampu menggunakan dua nunchuk sekaligus tanpa mencederai dirinya sendiri (walaupun terkadang terjadi sesuatu yang nggak diinginkan)--Anda yang pernah memainkan game "Real Bout Fatal Fury" pasti tahu maksud saya ;-).

#5. Li Long (Soul Edge).

Penampilannya memang nggak ada mirip-miripnya dengan Bruce Lee, tetapi sama seperti Hon Fu, Li Long menggunakan senjata yang juga dikuasai oleh Bruce Lee yaitu nunchuk.

Li Long adalah karakter paling "berisik" dalam game "Soul Edge". Teriakan "whoops" dan "wa-taaah"-nya dibuat sangat mirip dengan pekikan Bruce Lee saat bertarung.

#4. Kim Dragon (serial World Heroes)

Namanya jelas-jelas diambil dari julukan Bruce Lee. Gaya bertarungnya juga mirip dengan Bruce Lee--termasuk teriakan khasnya. Flying dragon kick adalah jurus andalannya. Kecepatannya juga luar biasa. Profesinya pun sama dengan Bruce Lee yaitu bintang film kungfu dan ahli beladiri. Satu-satunya perbedaan diantara keduanya adalah Kim Dragon berasal dari Korea Selatan.

#3. Liu Kang (serial Mortal Kombat).

Kemiripan Liu dengan Bruce Lee adalah suatu kebetulan. Pada awalnya Liu digambarkan oleh pembuat Mortal Kombat, yaitu Ed Boon dan John Tobias, sebagai seorang biksu berkepala botak, tetapi karena aktor yang memerankan Liu menolak untuk menggunduli kepalanya, desain Liu Kang akhirnya diubah menjadi seperti yang kita kenal sekarang.

Teriakan khas Bruce Lee saat bertarung akan sering Anda dengar dari karakter yang satu ini (dan dua karakter berikutnya), gaya bertarungnya mirip dengan gaya bertarung Bruce Lee, doski juga memiliki jurus tendangan terbang yang mematikan.

Ingat bahwa Bruce Lee mempunyai nama julukan "The Dragon"? Nah, Liu Kang juga bisa berubah wujud (secara harfiah) menjadi seekor naga.

#2. Fei Long (serial Street Fighter).

Namanya berarti naga terbang. Muncul pertama kali dalam salah satu dari puluhan versi "Street Fighter II" (saya lupa yang mana ;D).

Fei Long adalah ahli beladiri dan bintang film kungfu sama seperti Bruce Lee, Fei Long menciptakan gaya bertarungnya sendiri sama seperti Bruce Lee, mempunyai pukulan yang sangat cepat serta tendangan yang kuat sama seperti Bruce Lee, Fei Long juga memekikkan teriakan khas setiap kali menyerang sama seperti Bruce Lee. Kostum yang dipakainya pun sama dengan salah satu kostum yang dipakai oleh Bruce Lee. Kurang apa lagi coba?

Kutipan yang muncul dalam ending-nya yang berbunyi "There can never be another legend like the great one and his son" adalah referensi untuk Bruce dan putranya Brandon. 



... dan juaranya adalah... 



#1. Marshal Law (serial Tekken).

Ada yang nggak setuju?

Selain penampilan, Marshal Law mempunyai gaya bertarung, kostum, teriakan khas, pukulan yang super cepat, serta tendangan level "dewa" yang amat sangat mirip dengan Bruce Lee. Saking miripnya konon keluarga Bruce pernah menuntut Bandai Namco (perusahaan pembuat game "Tekken" dimana doski muncul) karena memakai "desain" Bruce Lee tanpa ijin.

Satu hal yang membuat Marshal Law berbeda dari sembilan karakter sebelumnya adalah putranya, yaitu Forest Law, yang terinspirasi dari Brandon Lee, putra Bruce Lee. Dua karakter Law yang bertarung bersama dalam game "Tekken Tag Tournament 2" membuat kita membayangkan bagaimana seandainya Bruce dan Brandon Lee bertarung bersama.


__________

Setuju dengan daftar yang saya buat? Atau Anda punya pendapat lain?

Jangan sungkan untuk membagikannya di kolom komentar dibawah. Semoga terhibur.       


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 9:22 AM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB