Pariwara

Followers

Makanan yang Haram Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Posted by Yonatan Adi on 8:20 AM

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, olahraga adalah salah satu aktivitas yang wajib kita lakukan, apalagi bagi kita yang ingin menurunkan berat badan ataupun yang berhasrat membangun masa otot. 

Saat berolahraga, tubuh akan memecah glikogen (gula otot) menjadi glukosa sebagai sumber energi. Hal ini tentu saja akan menyebabkan penurunan jumlah glikogen di dalam tubuh.

Tetapi, tidak hanya cadangan glikogen saja yang akan mengalami penurunan, saat berolahraga otot-otot tubuh juga akan mengalami kerusakan. Karena itu, kita membutuhkan konsumsi makanan yang bisa segera "mengisi ulang" cadangan glikogen yang hilang serta membantu otot untuk dapat segera pulih kembali. 

Makanan terbaik untuk dikonsumsi setelah berolahraga adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan tentu saja air

Karbohidrat kompleks yang kita konsumsi akan cepat diubah menjadi glikogen namun tidak akan terlalu berpengaruh pada kadar gula darah, sedangkan protein merupakan zat pembangun yang akan memperbaiki kerusakan otot serta membantu otot untuk pulih dengan lebih cepat.

Konsumsi jenis makanan yang salah akan menyebabkan tubuh kesulitan mendapatkan kembali energi yang hilang sehingga tubuh pulih lebih lama dan akan terasa lemas.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan (dan minuman) yang wajib kita hindari setelah selesai berolahraga:

1. Minuman bersoda
Minum minuman bersoda setelah berolahraga nyatanya memang terasa sangat menyegarkan, tetapi minuman bersoda ternyata mempunyai efek yang buruk terutama bagi kita yang ingin menurunkan berat badan.

Minuman berkarbonasi mengandung kadar gula yang sangat tinggi, selain itu soda juga dapat mengganggu pembakaran lemak. Lebih baik mengganti minuman bersoda dengan jus buah tanpa gula atau air mineral. 

2. Sayuran
Sayuran adalah makanan yang sehat untuk dikonsumsi, semua orang tahu itu. Tetapi sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi sayuran setelah berolahraga karena sayuran mengandung banyak serat yang akan membuat pencernaan Anda bekerja lebih keras.

3. Daging merah
Daging merah adalah makanan yang paling harus dihindari setelah berolahraga. Kendati mengandung banyak protein, daging jenis ini sulit dicerna dan mengandung banyak lemak.

Untuk mengganti ataupun menambah asupan protein setelah berolahraga, akan lebih baik kalau Anda memilih ikan, putih telur, atau daging ayam tanpa kulit.

4. Junkfood 
Gambar dari pexels.com
Junkfood seperti pizza dan burger kaya akan lemak dan berkolesterol tinggi. Lemak akan membuat pencernaan Anda bekerja lebih keras dan menyebabkan tubuh tidak bisa segera mengganti energi yang hilang.

5. Kuning telur
Telur kaya akan protein yang sangat baik untuk memperbaiki otot yang rusak, tetapi makanlah bagian putihnya saja. Kuning telur mengandung lemak yang cukup tinggi, sekitar 6 gram per butirnya, dan seperti yang sudah saya jelaskan di nomor 3 dan 4, lemak akan menyebabkan pencernaan kita bekerja lebih keras sehingga tubuh akan mengalami kesulitan untuk segera menggantikan energi yang hilang.

6. Makanan yang asin
Meskipun mengandung banyak potasium (yang hilang bersama dengan keringat saat berolahraga), makanan asin biasanya juga mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga dapat merusak program penurunan berat badan yang sedang kita jalani. Untuk mengganti potasium yang hilang, kita bisa mengkonsumsi buah pisang.

[Bacaan terkait Kalori dan Berat Badan]


__________

Itulah dia beberapa jenis makanan yang harus kita hindari setelah selesai berolahraga. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, olahraga saja tidak cukup, kita juga harus memiliki sedikit pengetahuan tentang nutrisi. Tanpa nutrisi yang tepat (atau dalam hal ini mengkonsumsi makanan yang salah), bukan tubuh sehat yang kita dapatkan melainkan tubuh yang "rusak".

Semoga bermanfaat dan selamat berolahraga.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 8:20 AM

0 komentar:

Post a Comment

Copyscape

Protected by Copyscape

Blog Archive

Powered by Blogger.

Paling Dilihat

CB